Meksiko Tak Izinkan Pasukan AS Gelar Operasi Militer pada Kartel Narkoba

Jum'at, 10 Maret 2023 - 04:30 WIB
loading...
Meksiko Tak Izinkan Pasukan AS Gelar Operasi Militer pada Kartel Narkoba
Meksiko Tak Izinkan Pasukan AS Gelar Operasi Militer pada Kartel Narkoba. FOTO/Reuters
A A A
MEXICO CITY - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Kamis (9/3/2023) menegur seruan dari beberapa anggota parlemen Amerika Serikat (AS) yang menganjurkan tindakan militer di Meksiko terhadap kartel narkoba. Obrador menggambarkan proposal tersebut sebagai ancaman terhadap kedaulatan Meksiko.

"Kami tidak akan mengizinkan pemerintah asing untuk campur tangan di wilayah kami, apalagi angkatan bersenjata pemerintah campur tangan," kata Lopez Obrador dalam konferensi pers regular, seperti dikutip dari Reuters.



Penculikan empat orang Amerika - dua di antaranya terbunuh - di negara bagian perbatasan utara memicu seruan dari anggota parlemen Republik di Washington untuk mengambil tindakan tegas terhadap kejahatan terorganisir.

Republikan Texas, Dan Crenshaw pada hari Rabu merilis pesan dalam bahasa Spanyol di Twitter yang menanyakan kepada Lopez Obrador mengapa dia menentang proposal yang diperkenalkan oleh anggota kongres pada bulan Januari, yang mengizinkan pasukan militer menargetkan kartel narkoba di Meksiko.

"Selain tidak bertanggung jawab, itu merupakan pelanggaran terhadap rakyat Meksiko," kata Lopez Obrador selama konferensi pers. Ia menambahkan bahwa Meksiko "tidak menerima perintah dari siapa pun."

Sementara senator Republik Lindsey Graham pada hari Senin mengatakan dalam wawancara dengan Fox News, bahwa sudah waktunya untuk "memberitahukan Meksiko" dan menganjurkan memperkenalkan undang-undang untuk mengklasifikasikan beberapa kartel narkoba Meksiko sebagai "kelompok teroris asing".



Penculikan dan reaksi yang fatal dapat memperumit upaya rumit untuk mendorong kerja sama yang lebih erat antara AS dan Meksiko dalam imigrasi dan perdagangan narkoba, khususnya fentanil yang sangat mematikan.

Lopez Obrador mengatakan, dia akan memulai kampanye informasi publik yang ditujukan kepada orang Meksiko di Amerika Serikat tentang proposal yang dipimpin oleh Partai Republik.

“Jika anggota parlemen dari Partai Republik mencoba menggunakan Meksiko untuk tujuan propaganda, elektoral, dan politik mereka, kami akan menyerukan untuk tidak memilih partai itu," kata Lopez Obrador.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)