Pemerintah Ukraina Sangkal Terlibat Pemboman Pipa Nord Stream

Kamis, 09 Maret 2023 - 01:35 WIB
loading...
Pemerintah Ukraina Sangkal Terlibat Pemboman Pipa Nord Stream
Pemerintah Ukraina menyangkal terlibat pemboman pipa Nord Stream. Foto/Euronews
A A A
KIEV - Pemerintah Ukaina menyakal keterlibatannya dalam sabotase pipa gas Nord Stream . Itu muncul setelah sebuah laporan menyebut "kelompok pro-Ukraina" berada di balik serangan yang menargetkan pengiriman gas Rusia ke Eropa.

“Meskipun saya menikmati mengumpulkan teori konspirasi lucu tentang pemerintah (Ukraina), saya harus mengatakan: (Ukraina) tidak ada hubungannya dengan kecelakaan Laut Baltik dan tidak memiliki informasi tentang 'kelompok sabotase pro-(Ukraina),'” kata Mykhailo Podolyak , penasihat utama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, menulis di Twitter seperti dikutip dari CNN, Kamis (9/3/2023).

Pernyataan Podolyak datang sebagai tanggapan atas laporan New York Times (NYT) yang mengutip informasi intelijen baru yang telah ditinjau oleh pejabat Amerika Serikat (AS).

NYT mengatakan informasi intelijen terbaru yang ditinjau oleh pejabat AS mengesankan kelompok yang setia kepada Ukraina berada dibalik ledakan pipa Nord Stream. Namun, mereka bertindak secara independen dari pemerintah di Kiev.



Siapa yang mungkin bertanggung jawab atas sabotase September lalu yang merusak dua pipa pengangkut gas Rusia ke Uni Eropa dan menargetkan sumber pendapatan penting bagi Moskow masih menjadi misteri. Kedua jalur pipa ditutup pada saat serangan, yang terjadi beberapa bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sebuah sumber yang akrab dengan intelijen AS mengatakan kepada CNN bahwa penilaian itu tidak dibuat dengan keyakinan tinggi dan bukan pandangan utama komunitas intelijen, dan bahwa AS belum mengidentifikasi pelaku serangan itu.

Ada bagian dari komunitas intelijen AS yang percaya bahwa aktor pro-Ukraina akan memiliki motif untuk menyabot pipa karena Rusia mempersenjatai mereka melawan Ukraina dan Eropa.

Namun, komunitas intelijen tidak memiliki bukti bahwa para pemimpin Ukraina, termasuk Zelensky, mengetahui atau terlibat dalam sabotase pipa, kata sumber itu.

Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius memperingatkan penarikan kesimpulan terlalu tergesa-gesa setelah laporan tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio publik Deutschlandfunk (DLF), dia menambahkan bahwa kemungkinan operasi bendera palsu berada dalam kemungkinan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)