Pasukan Khusus Afghanistan yang Dilatih AS Berperang untuk Putin

Sabtu, 25 Februari 2023 - 05:30 WIB
loading...
Pasukan Khusus Afghanistan yang Dilatih AS Berperang untuk Putin
Pasukan Khusus Afghanistan berpartisipasi dalam latihan serangan malam di Kabul, 11 April 2012. Foto/REUTERS/Mohammad Ismail
A A A
MOSKOW - Tak lama setelah invasi Rusia ke Ukraina dimulai, muncul laporan tentang pasukan khusus Afghanistan yang melarikan diri dari Taliban.

Saat itu pasukan khusus tersebut bertempur sebagai tentara bayaran di sisi Ukraina dalam pertempuran untuk Mariupol.

Tetapi sekarang muncul laporan pasukan khusus yang sama bertempur di pihak Rusia, yang dirancang untuk pertempuran kunci dalam perang tersebut.

Kabar terbaru muncul ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mendorong militer untuk merebut kota Bakhmut yang penting secara strategis.



Selama Perang Afghanistan, pasukan Amerika Serikat (AS) dan Inggris mengerahkan banyak sumber daya untuk melatih peleton pasukan khusus Afghanistan.

Memiliki tentara yang kompeten untuk melindungi pemerintah Afghanistan yang dipasang AS adalah bagian penting dari strategi tentara NATO untuk keluar dari Afghanistan dan menjaga agar Taliban tetap berada di luar jangkauan.

AS melatih mereka jauh lebih baik daripada tentara reguler Afghanistan. Namun demikian, beberapa unit yang dilatih CIA memiliki reputasi melakukan pembunuhan di luar hukum dan menyelesaikan perselisihan pribadi tanpa mendapat hukuman.

Ketika AS meninggalkan Afghanistan pada tahun 2021, sekitar 20.000 hingga 30.000 pasukan khusus itu tidak bekerja dan diburu Taliban.

Menurut beberapa laporan, pasukan khusus Afghanistan ini melarikan diri ke Iran, di mana mereka direkrut tentara bayaran Rusia yang disebut Wagner Group, yang menjanjikan gaji yang baik dan membantu memindahkan keluarga mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)