Selain Invasi Rusia ke Ukraina, Ini Peristiwa Penting yang Terjadi pada 24 Februari

Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:10 WIB
loading...
Selain Invasi Rusia ke Ukraina, Ini Peristiwa Penting yang Terjadi pada 24 Februari
Selain Invasi Rusia ke Ukraina, Ini Peristiwa Penting yang Terjadi pada 24 Februari. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Dalam sejarah dunia, perang , persengketaan, dan perebutan wilayah telah banyak dialami berbagai negara. Uniknya, beberapa peristiwa itu ada yang terjadi pada 24 Februari.

Meski berbeda waktu dan lokasi, namun kesamaan peristiwa itu adalah terjadinya pertempuran yang bertujuan untuk merebut suatu wilayah. Berikut tiga peristiwa yang terjadi tanggal 24 Februari.



1. Invasi Rusia ke Ukraina
Invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022, meskipun pada mulanya invasi itu disebut operasi militer khusus untuk demiliterisasi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Latar belakang Rusia menginvasi Ukraina, menurut Putin, guna mencegah langkah Ukraina untuk bergabung dengan NATO, sekaligus melindungi etnis Rusia.

Peristiwa ini merupakan salah satu perang darat yang terjadi di Eropa setelah Perang Dunia 2. Walaupun menuai kecaman dari banyak pihak, Rusia juga mendapat dukungan dari sejumlah negara. Tak hanya itu, Rusia juga mendapat sanksi, terutama dari negara-negara Uni Eropa.

Rusia melancarkan serangan udara dengan rudal miliknya, yang kemudian dilanjutkan dengan invasi darat besar-besaran ke berbagai wilayah Ukraina, tak terkecuali ibu kota Kyiv. Pada awal invasi, Rusia mampu merebut dan mengambil alih kota Kherson, disusul kota-kota lainnya.

Kekuatan militer Ukraina tentu tak sebanding dengan kekuatan Rusia. Namun, negara ini memberikan perlawanan serius untuk mengusir Rusia dari wilayahnya. Sejumlah bantuan persenjataan dan alutsista pun datang dari negara-negara yang mendukung Ukraina, terutama negara anggota NATO.

Dalam waktu enam bulan saja setelah dimulainya invasi, setidaknya terdapat 5.587 warga sipil tewas dan 7.890 lainnya terluka, menurut PBB. Namun, angka ini diperkirakan terlalu rendah. Selain itu, jutaan warga Ukraina mengungsi, serta tak terhitung jumlah rumah, rumah sakit, sekolah, dan bangunan sipil lainnya yang rusak atau hancur selama serangan terjadi. Hingga kini, invasi Rusia ke Ukraina telah berlangsung setahun dan belum menunjukkan tanda akan berakhir.



2. Invasi Darat ke Kuwait dan Irak oleh Amerika Serikat
Tanggal 24 Februari 1991 menjadi tanggal dimulainya invasi darat oleh Amerika Serikat (AS) ke Irak dan Kuwait dalam Perang Teluk (Gulf War). Awalnya, Irak menginvasi Kuwait di tahun 1990. Hal ini disusul dengan berkumpulnya Pasukan Keamanan AS dalam Operasi Desert Shield di Teluk Persia. Dewan Keamanan PBB lalu mengeluarkan keputusan yang mengizinkan penggunaan senjata kepada Irak jika mereka tidak menarik diri dari Kuwait.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)