5 Fakta Kota Bakhmut di Ukraina, Wilayah yang Sangat Diinginkan Rusia

Selasa, 21 Februari 2023 - 16:32 WIB
loading...
5 Fakta Kota Bakhmut di Ukraina, Wilayah yang Sangat Diinginkan Rusia
Gedung apartemen rusak akibat pertempuran di kota garis depan Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, 19 Februari 2023. Foto/REUTERS/Yevhen Titov
A A A
BAKHMUT - Bakhmut menjadi salah satu kota yang diinginkan Rusia. Kota Bakhmut berasal dari abad ke-17 sebagai benteng yang melindungi perbatasan antara Rusia dan Crimea.

Pertempuran Bakhmut, yang dimulai pada 1 Agustus 2022, adalah pertempuran militer antara Angkatan Bersenjata Ukraina dan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

Pertempuran dimulai ketika pasukan Rusia berusaha merebut kota kecil Bakhmut, namun gagal.

Wilayah tersebut tentunya memiliki beberapa fakta dan alasan yang membuat Rusia menginginkan Bakhmut. Berikut 5 fakta Kota Bakhmut dari Ukraina yang sangat diinginkan oleh Rusia:

1. Kota Bakhmut Jadi Tujuan Militer Strategis

Michael Kofman, direktur Studi Rusia di Pusat Analisis Angkatan Laut yang berbasis di Amerika Serikat (AS), mengatakan Bakhmut mewakili "gerbang" ke Sloviansk dan Kramatorsk, sebagai dua pusat industri penting Ukraina di wilayah Donbass yang kaya energi.

Dikutip dari The Hill, Slantchev mengatakan Bakhmut adalah pusat transportasi yang penting, banyak jalur pasokan melewati Bakhmut dan Rusia dapat menggunakannya sebagai pangkalan.

Bakhmut juga dibentengi dengan cukup baik, jadi akan sulit untuk mengambilnya kembali.

2. Sumber Daya Alam di Kota Bakhmut

Sebelum invasi Rusia, Bakhmut memiliki populasi 70.000 orang yang dikenal karena tambang garam dan sebagai pusat transportasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)
pixels