Politisi Ukraina: Kunjungan Biden ke Kiev Bikin Putin Panik

Selasa, 21 Februari 2023 - 07:46 WIB
loading...
A A A
Biden bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan pejabat Ukraina lainnya di Kiev pada hari Senin, ketika sirene serangan udara terdengar di seluruh negeri yang memicu kekhawatiran akan serangan rudal jelajah Rusia.

Biden menulis di Twitter: "Kunjungan ini untuk menegaskan kembali komitmen kami yang tak tergoyahkan terhadap demokrasi, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina."

"Ketika [Presiden Rusia Vladimir] Putin meluncurkan invasinya hampir satu tahun yang lalu, dia mengira Ukraina lemah dan Barat terpecah," lanjut Biden.

"Dia pikir dia bisa bertahan lebih lama dari kita. Tapi dia salah besar," imbuh Biden.

Saat berada di Kiev, Biden mengatakan AS akan mengirimkan lagi bantuan militer senilai USD500 juta ke Ukraina, termasuk amunisi artileri, sistem anti-lapis baja, dan radar pengawasan udara.

Andriy Zagorodnyuk, yang menjabat sebagai menteri pertahanan Ukraina dari Agustus 2019 hingga Maret 2020, mengatakan kepada Newsweek bahwa intervensi Barat baru-baru ini membawa pesan yang jelas.

"Rusia memainkan permainan sumber daya dengan Ukraina," kata Zagorodnyuk, menggambarkan strategi Moskow sebagai kombinasi serangan dan perang gesekan.

"Semua pesan yang kami dengar dari para pemimpin Eropa dan Biden hari ini, semuanya adalah pesan yang mengatakan bahwa rencana Rusia akan gagal," kata Zagorodnyuk.

"Mereka mencoba mengatakan bahwa permainan sumber daya Rusia salah, karena sumber daya Barat tidak hanya akan tersedia untuk rentang waktu yang sangat singkat."

Oleg Ignatov, analis senior kelompok pemikir Crisis Group, mengatakan kepada Newsweek bahwa Kremlin mungkin akan memanfaatkan kunjungan Biden untuk memperkuat propaganda masa perangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)