Beijing Kecam Klaim Palsu AS Soal China Kemungkinan Persenjatai Rusia

Selasa, 21 Februari 2023 - 01:30 WIB
loading...
Beijing Kecam Klaim Palsu AS Soal China Kemungkinan Persenjatai Rusia
Ilustrasi
A A A
BEIJING - Beijing mengecam klaim Amerika Serikat (AS), bahwa China sedang mempertimbangkan untuk mengirim senjata ke Rusia untuk membantu perangnya di Ukraina.

“Amerika Serikat dan bukan China yang tanpa henti mengirimkan senjata ke medan perang,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin ketika ditanya tentang klaim AS, seperti dikutip dari AFP.



“Kami mendesak AS untuk dengan sungguh-sungguh merenungkan tindakannya sendiri dan berbuat lebih banyak untuk meringankan situasi, mempromosikan perdamaian dan dialog, serta berhenti mengalihkan kesalahan dan menyebarkan informasi palsu,” lanjut Wenbin.

“Jelas bagi komunitas internasional, siapa yang menyerukan dialog dan memperjuangkan perdamaian, dan siapa yang menambah bahan bakar ke api dan mendorong oposisi,” tambahnya.

Pernyataan itu muncul setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada CBS dalam sebuah wawancara, bahwa China sekarang "mempertimbangkan untuk memberikan dukungan mematikan" ke Moskow mulai dari "amunisi hingga senjata itu sendiri."



Dia membuat komentar serupa dalam serangkaian wawancara dari Jerman, di mana pada hari Sabtu dia menghadiri Konferensi Keamanan Munich dan bertemu dengan mitranya dari China, Wang Yi.

Tuduhan Blinken muncul ketika hubungan antara China dan Amerika Serikat semakin tegang setelah Washington menembak jatuh apa yang dikatakannya sebagai balon mata-mata China awal bulan ini.

Amerika Serikat telah berulang kali memperingatkan China agar tidak memberikan dukungan kepada Rusia untuk perangnya di Ukraina, yang mendekati peringatan satu tahunnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)