Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua, Korut Sebut Latihan Kejutan

Minggu, 19 Februari 2023 - 08:10 WIB
loading...
Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua, Korut Sebut Latihan Kejutan
Luncurkan rudal balistik antarbenua, Korut menyebutnya sebagai latihan mendadak yang mengejutkan. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) mengkonfirmasi telah meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Sabtu kemarin, dalam apa yang disebutnya sebagai latihan peluncuran mendadak yang bertujuan untuk memastikan keandalan senjata tersebut.

Korut meluncurkan rudal balistik jarah jauh ke laut lepas pantai barat Jepang pada Sabtu sore setelah memperingatkan akan merespons kuat latihan militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) yang akan datang.

“Latihan peluncuran ICBM yang mengejutkan … adalah bukti nyata dari upaya konsisten kekuatan nuklir strategis DPRK untuk mengubah kapasitas serangan balik nuklir yang fatal terhadap pasukan musuh menjadi yang tak tertahankan,” kata kantor berita negara, KCNA, menggunakan akronim nama resmi negara tertutup itu Republik Rakyat Demokratik Korea.

KCNA menyebutnya sebagai jaminan untuk dan bukti yang jelas tentang keandalan yang pasti dari penangkal nuklir Korut yang kuat seperti dilansir dari South China Morning Post, Minggu (19/2/2023).



KCNA mengatakan rudal itu terbang sejauh 989 km ke ketinggian 5.768 km selama 4.015 detik.

Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Yo-jong, juga mengeluarkan pernyataan dan selanjutnya memperingatkan tentang tanggapan "kuat dan luar biasa" terhadap setiap tindakan "bermusuhan" terhadap Pyongyang.

Menyusul peluncuran itu, Korsel mengecam dan menyebutnya sebagai pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Dewan Keamanan Nasional Korsel mengadakan pertemuan dan setuju untuk meningkatkan kerja sama keamanan dengan Washington dan Jepang.

Berusaha untuk menghadirkan front persatuan dengan Korsel dan Jepang, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menggambarkan peluncuran itu sebagai tindakan "provokatif" dalam pidatonya bersama rekan-rekannya dari kedua negara pada hari Sabtu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)