Jepang Kucurkan Bantuan Rp592 Miliar untuk Rakyat Palestina

Sabtu, 18 Februari 2023 - 02:30 WIB
loading...
Jepang Kucurkan Bantuan Rp592 Miliar untuk Rakyat Palestina
Jepang Kucurkan Bantuan Rp592 Miliar untuk Rakyat Palestina. FOTO/Reuters
A A A
GAZA - Pemerintah Jepang mengumumkan bantuan baru sebesar USD39 juta (Rp592 miliar) kepada rakyat Palestina melalui organisasi internasional dan USD760.000 melalui LSM Jepang.

Seperti dilaporkan Arab News, paket bantuan tersebut meliputi bantuan untuk pengungsi Palestina melalui UNRWA; akses ke pasar dan peluang perdagangan; upaya industri seperti perikanan dan pertanian untuk masyarakat yang paling rentan.



Bantuan juga diberikan melalui UNDP; bantuan untuk sistem kesehatan; dan bantuan kemanusiaan termasuk makanan di Jalur Gaza, melalui WFP dan Japan Platform.

Jepang telah memberikan bantuan kepada kementerian Otoritas Palestina sejak tahun 1993 dengan bantuan bilateral baik secara finansial maupun teknis, dalam persiapan mereka untuk menjadi negara sejalan dengan Rencana Pembangunan Nasional Palestina.

Jepang juga memberikan bantuan melalui badan-badan PBB serta LSM dan dewan setempat. Dengan bantuan baru tersebut, total bantuan Jepang kepada rakyat Palestina melebihi sekitar USD2,3 miliar.

Sebelumnya, pada awal pekan ini, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyatakan keprihatinannya kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina dan tindakan sepihak yang diambil oleh kedua belah pihak.



Kishida berbicara melalui telepon dengan Netanyahu selama kurang lebih 15 menit pada Senin (13/2/2023) malam dan menyatakan bahwa dia ingin terus mengembangkan hubungan bilateral di berbagai bidang, termasuk ekonomi dan teknologi. Kedua negara merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik tahun lalu.

Sebagai tanggapan, Netanyahu menyatakan harapannya untuk memperkuat kerja sama dan pengembangan lebih lanjut hubungan bilateral.

Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo, keduanya juga bertukar pandangan tentang hal-hal seperti situasi di Ukraina dan situasi di Asia Timur, dan berbagi pandangan bahwa mereka ingin bekerja sama untuk membantu menstabilkan kawasan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)