Jenderal Top Ukraina dan Amerika Teleponan, Bahas Pelatihan Pasukan

Selasa, 14 Februari 2023 - 05:30 WIB
loading...
Jenderal Top Ukraina dan Amerika Teleponan, Bahas Pelatihan Pasukan
Jenderal Top Ukraina dan Amerika Teleponan, Bahas Pelatihan Pasukan. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Jenderal top Ukraina dan komandan tertinggi Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) di Eropa membahas bantuan militer dan pelatihan untuk pasukan Ukraina dalam percakapan telepon pada Senin (13/2/2023).

Percakapan telepon dilakukan jelang pertemuan sekutu Kiev di Brussel, kata Kementerian Pertahanan Ukraina, seperti dikutip dari Reuters.



Kementerian Pertahanan Ukraina juga menyatakan dalam sebuah pernyataan di saluran Telegramnya, bahwa Valeriy Zaluzhnyi, panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Ukraina, telah berbagi visinya untuk kemenangan dengan panglima pasukan gabungan NATO Eropa, Jenderal Christopher Cavoli.

"Kami membahas masalah penyediaan bantuan militer internasional ke Ukraina dan melatih unit kami di wilayah negara-negara mitra," kata kementerian itu mengutip pernyataan Zaluzhnyi.

Mereka berbicara menjelang pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina yang diselenggarakan AS di markas NATO, setelah konferensi 20 Januari di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman yang merupakan kunci keputusan untuk mengirim sejumlah tank tempur modern ke Kyiv.

“Zaluzhnyi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pemahaman mendalam tentang situasi dan upaya signifikan Cavoli untuk mendekatkan kemenangan kami," tambah kementerian itu.



Sementara itu, tentara Ukraina yang tiba di pangkalan militer Polandia langsung dari garis depan, memuji tank tempur Leopard yang seluk beluknya telah mereka pelajari di bawah pengawasan instruktur sekutu.

“Sampai hari ini, saya dapat mengatakan bahwa mesin itu berkualitas sangat tinggi, sangat bagus,” kata Mayor Angkatan Darat Ukraina Vadym Khodak kepada wartawan yang menghadiri pameran pelatihan di desa Swietoszow di barat daya.

“Dan yang saya suka adalah tentara kami sangat menyukainya,” tambahnya tentang 105 tentara Ukraina yang telah belajar dari instruktur Polandia, Kanada, dan Norwegia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)