Profil Presiden Polandia Arndrzej Duda yang Prediksi Rusia Menang di Ukraina

Senin, 13 Februari 2023 - 18:46 WIB
loading...
Profil Presiden Polandia Arndrzej Duda yang Prediksi Rusia Menang di Ukraina
Presiden Polandia Arndrzej Duda. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Dia adalah anggota Partai Hukum dan Keadilan (PiS) sayap kanan dan telah menjadi tokoh kunci dalam lanskap politik negara itu selama bertahun-tahun.

Andrzej Duda lahir pada 16 Mei 1972 di Krakow dan lulus dari Universitas Jagiellonian dengan gelar sarjana hukum dan kemudian menjadi profesor hukum.

Dia memulai karir politiknya sebagai anggota Platform Sipil konservatif, di mana dia menjabat sebagai penasihat Menteri Kehakiman.

Pada tahun 2011 ia bergabung dengan Partai Hukum dan Keadilan, lalu terpilih menjadi anggota Parlemen Eropa.



Sebagai presiden, merupakan sosok kontroversial baik secara nasional maupun internasional. Dia telah digambarkan sebagai konservatif secara sosial dan ekonomi populis, dan kebijakannya mencerminkan pandangan ini.

Dalam beberapa tahun terakhir dia sangat vokal dalam isu-isu yang berkaitan dengan nasionalisme Polandia, imigrasi, dan hubungan negara Polandia dengan Uni Eropa.

Salah satu prestasi Arndrzej Duda yang paling important adalah perannya dalam memaksakan putusan Mahkamah Konstitusi yang secara efektif mengakhiri kemampuan hakim Polandia untuk mengajukan banding ke Mahkamah Eropa.



Keputusan ini dipandang sebagai pukulan besar terhadap independensi peradilan Polandia dan telah dikritik oleh organisasi nasional dan internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)