AS Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan Rp1,2 Triliun untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Sabtu, 11 Februari 2023 - 19:20 WIB
loading...
AS Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan Rp1,2 Triliun untuk Korban Gempa Turki-Suriah
AS Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan Rp1,2 Triliun untuk Korban Gempa Turki-Suriah. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Badan Pembangunan Internasional AS ( USAID ) mengatakan pada Kamis (9/2/2023), bahwa pihaknya memberikan USD85 juta (Rp1,2 triliun) bantuan kemanusiaan mendesak ke Turki dan Suriah setelah gempa bumi yang mematikan minggu ini.

"USAID menyediakan makanan darurat dan tempat berlindung bagi pengungsi dan orang-orang yang baru terlantar, persediaan musim dingin untuk membantu keluarga melawan cuaca dingin, layanan kesehatan kritis untuk memberikan dukungan trauma, air minum yang aman untuk mencegah penyakit, dan bantuan kebersihan dan sanitasi untuk menjaga orang tetap aman dan sehat," kata agensi dalam rilisnya.



Pernyataan itu mengingatkan upaya AS untuk membantu Turki dan Suriah setelah gempa bumi, menambahkan 200 orang termasuk ahli bencana serta 159 anggota pencarian dan penyelamatan dan 12 anjing telah tiba di Turki.

"Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk mendukung tanggapan pemerintah TĂĽrkiye dan memberikan bantuan penyelamatan jiwa kepada rakyat Suriah dalam menanggapi bencana yang menghancurkan ini," tambahnya.

Gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, dirasakan pada Senin oleh 13 juta orang di 10 provinsi, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye dan Sanliurfa.

Beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, merasakan getaran kuat yang melanda Turki dalam waktu kurang dari 10 jam.



Korban tewas akibat gempa bumi paling mematikan selama 20 tahun terakhir di Turki dan barat laut Suriah telah mencapai lebih dari 23.700, empat hari setelah bencana itu terjadi.

Korban dari gempa berkekuatan 7,8 skala Richter, yang melanda pada Senin dini hari, serta beberapa gempa susulan yang kuat, telah melampaui lebih dari 17.000 orang tewas yang terjadi pada tahun 1999 ketika gempa yang sama kuatnya melanda Turki barat laut.

Jumlah kematian di Turki naik menjadi 20.213 pada Jumat, kata menteri kesehatan negara itu. Di Suriah, lebih dari 3.500 telah tewas. Lebih banyak orang tetap berada di bawah reruntuhan seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (11/2/2023).

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)