Washington Post: Pentagon Berusaha Lanjutkan Program Rahasia di Ukraina

Sabtu, 11 Februari 2023 - 13:38 WIB
loading...
Washington Post: Pentagon Berusaha Lanjutkan Program Rahasia di Ukraina
Washington Post melapokan Pentago berusaha untuk melanjutkan progra,m rahasia di Ukrian. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Washington Post melaporkan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) berusaha meyakinkan anggota parlemen untuk mendanai dua program rahasia di Ukraina . Programtersebut ditunda setelah Rusia meluncurkan operasi militernya di negara itu tahun lalu.

"Jika Pentagon berhasil, operasi yang melibatkan Pasukan Khusus AS dapat dilanjutkan pada tahun 2024," klaim surat kabar itu yang dikutip RT, Sabtu (11/2/2023).

Washington Post, mengutip pejabat AS dan mantan pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, menuduh bahwa skema tersebut akan memungkinkan pasukan komando AS untuk mempekerjakan operasi Ukraina untuk mengamati gerakan militer Rusia dan melawan disinformasi.

Dikatakan program tersebut dianggap sebagai bentuk "perang tidak teratur" yang dimaksudkan untuk digunakan melawan musuh yang tidak terlibat dengan Washington dalam konflik militer.



Sementara Pentagon telah mulai mempersiapkan kasusnya untuk dimulainya kembali operasi ini, surat kabar itu melaporkan, Kongres tidak mungkin membuat keputusan mengenai masalah tersebut sebelum musim gugur 2023.

Artikel tersebut juga mencatat bahwa masih ada tanda tanya besar mengenai apakah pemerintahan Biden akan mengizinkan pasukan komando AS untuk benar-benar membangun kembali kehadiran fisik di Ukraina untuk mengawasi aktivitas pengganti.

Menurut Washington Post, pasukan operasi khusus Amerika pada akhirnya harus mengawasi kegiatan dari negara tetangga – format yang menurut laporan sudah biasa mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, artikel itu mengklaim, tidak diketahui apakah anggota parlemen AS akan memberikan lampu hijau untuk program tersebut karena sejumlah kritikus tetap tidak yakin. Beberapa di antaranya dilaporkan khawatir bahwa operasi semacam itu berisiko menyeret AS lebih dalam ke dalam konflik antara Moskow dan Kiev.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)