Rusia Bombardir Fasilitas Listrik di Seluruh Ukraina

Sabtu, 11 Februari 2023 - 11:19 WIB
loading...
Rusia Bombardir Fasilitas Listrik di Seluruh Ukraina
Rusia membombardir fasilitas listrik di seluruh Ukraina membuat listrik di sebagian besar negara itu padam. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Pasukan Rusia telah memborbardir fasilitas listrik di seluruh Ukraina . Angkatan Udara Ukraina mengatakan telah menembak jatuh 61 dari 71 rudal yang diluncurkan Rusia pada Jumat waktu setempat.

Menteri Energi Ukraina German Galushchenko mengatakan serangan Rusia telah menghantam fasilitas listrik di enam wilayah dengan rudal dan drone, menyebabkan pemadaman listrik di sebagian besar Ukraina.

Rusia telah berulang kali menyerang infrastruktur sipil yang jauh dari garis depan, meninggalkan jutaan warga Ukraina tanpa listrik, pemanas, atau air selama berhari-hari di tengah musim dingin.

Walikota Kiev Vitali Klitschko mengatakan 10 rudal Rusia telah ditembak jatuh di atas ibu kota Ukraina setelah sirene meraung pada jam sibuk di pagi hari dan warga sipil yang lelah berlindung.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan Ukraina tidak memiliki 44 persen pembangkit nuklir dan 75 persen kapasitas tenaga panas.



Rentetan serangan itu sering mengikuti kemajuan diplomatik atau medan perang Ukraina.

Serangan hari Jumat terjadi ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakhiri turnya ke sekutu Eropa, di mana dia diterima dengan antusias tetapi tidak mendapatkan janji publik dari jet tempur yang dia minta.

“London, Paris, Brussel – di mana pun saya berbicara beberapa hari terakhir ini tentang bagaimana memperkuat tentara kita. Ada pemahaman yang sangat penting dan kami menerima sinyal yang bagus,” kata Zelensky dalam pidato video pada malam hari.

“Ini menyangkut rudal dan tank jarak jauh dan tingkat kerja sama kami selanjutnya – pesawat tempur,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (11/2/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)