Putri Kim Jong-un Jadi Bintang Parade Militer Korut, Dianggap Calon Suksesor

Kamis, 09 Februari 2023 - 20:39 WIB
loading...
Putri Kim Jong-un Jadi Bintang Parade Militer Korut, Dianggap Calon Suksesor
Kim Ju-ae (tengah), putri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri perjamuan militer Korea Utara. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menghadiri parade militer yang memamerkan rudal balistik antarbenua dalam jumlah terbesar. Namun yang menjadi pusat perhatian adalah putri sang pemimpin, Kim Ju-ae, yang berusia 9 tahun.

ABC News melaporkan bahwa parade militer diadakan di Lapangan Kim Il-Sung, di Pyongyang pusat pada hari Selasa, dengan lebih dari 30.000 tentara berpartisipasi.

Sosok Kim Ju-ae telah terlihat di beberapa acara penting terkait militer Korut sejak November tahun lalu, menimbulkan spekulasi bahwa dia adalah masa depan kepemimpinan Pyongyang.

"Kim Jong-un tampaknya memanfaatkan perhatian internasional dari publik setiap kali dia membawa putrinya ke tempat pemotretan militer," kata Profesor Park Won-gon dari Ewha Womans University kepada ABC News, Kamis (9/2/2023).



"Dia juga memiliki makna simbolis sebagai generasi penerus, karena Kim Jong-un mengacu pada ICBM [rudal balistik antarbenua] Hwasong-17 sebagai sumber kesejahteraan dan kebahagiaan generasi berikutnya," paparnya.

Kim Ju-ae bahkan menginspeksi seorang penjaga kehormatan bersama ayahnya. Gambar-gambar gadis cilik itu juga disiarkan langsung oleh stasiun televisi negara Korut selama siaran parade militer.
Putri Kim Jong-un Jadi Bintang Parade Militer Korut, Dianggap Calon Suksesor

Foto/KCNA via REUTERS

Selama bertahun-tahun, media pemerintah Korea Utara tidak pernah menyebut anak-anak Kim Jong-un, meskipun agen mata-mata Seoul mengatakan dia memiliki tiga anak dengan istrinya.

Satu-satunya konfirmasi keberadaan mereka sebelumnya datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang mengaku bertemu Kim Ju-ae selama kunjungan tahun 2013 ke Korea Utara.

Sehari sebelum parade militer, Kim Ju-ae juga terlihat di perjamuan mewah di barak militer. Kim Jong-un, istrinya Ri Sol-ju dan gadis kecil itu mengunjungi barak untuk memperingati 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea (KPA).

Di perjamuan, gadis itu duduk di tengah meja utama antara ayah dan ibunya.

Tiga bulan lalu, saat peluncuran misil balistik antarbenua terkuatnya, Kim Jong-un muncul Kim Ju-ae yang disebut-sebut sebagai putri kesayangannya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)