AS-Filipina Kembali Gelar Patroli Bersama di Laut China Selatan

Sabtu, 04 Februari 2023 - 20:15 WIB
loading...
AS-Filipina Kembali Gelar Patroli Bersama di Laut China Selatan
AS-Filipina Kembali Gelar Patroli Bersama di Laut China Selatan. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Amerika Serikat (AS) dan Filipina telah sepakat untuk memulai kembali patroli bersama di Laut China Selatan , ketika sekutu lama berusaha untuk melawan kebangkitan militer China. Hal itu diungkapkan Departemen Pertahanan AS.

Kedua negara telah menangguhkan patroli maritim di daerah yang diperebutkan di bawah pemerintahan mantan presiden Rodrigo Duterte. Namun kini, pemerintahan baru Filipina kembali mengoptimalkan langkah itu.



“Selama kunjungan ke Manila oleh Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, dia dan timpalannya dari Filipina Carlito Galvez setuju untuk memulai kembali patroli maritim bersama di Laut China Selatan untuk membantu mengatasi tantangan (keamanan)," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari AFP, Kamis (2/2/2023).

Para pejabat itu juga telah mengumumkan kesepakatan untuk memberi pasukan AS akses ke empat pangkalan lain di "kawasan strategis" di negara Asia Tenggara itu.

Kesepakatan itu muncul saat sekutu berusaha untuk memperbaiki hubungan yang retak di bawah presiden Filipina sebelumnya, Duterte, yang lebih menyukai China daripada mantan penguasa kolonial negaranya. Pemerintahan baru Ferdinand Marcos Jr sangat ingin membalikkan itu.



“Kesepakatan tentang patroli bersama dibuat "pada menit terakhir" pembicaraan pertahanan Kamis antara Austin dan Galvez,” kata seorang pejabat senior Filipina kepada AFP.

"Ada kesepakatan tegas bahwa kami akan membahas pedoman bagaimana melakukan patroli bersama ini," kata pejabat tersebut, yang meminta namanya dirahasiakan karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

"Harus ada diskusi tindak lanjut (tentang) persis apa yang ingin kami lakukan, tepatnya di mana kami ingin melakukan sesuatu, seberapa sering, dan apakah kapal Angkatan Laut atau penjaga pantai akan berpartisipasi dalam patroli,” lanjut pejabat itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)