5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina

Jum'at, 03 Februari 2023 - 19:45 WIB
loading...
5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina
Rudal Iskander Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perang Rusia-Ukraina telah berjalan hampir satu tahun lamanya. Melihat ke belakang, konflik bersenjata ini bermula saat Moskow melakukan invasi pada 24 Februari 2022.

Pada proses panjang pergolakan militer di antara keduanya, masing-masing kubu telah menerjunkan berbagai macam jenis persenjataan canggih yang mengerikan, baik produknya sendiri maupun bantuan atau dibeli dari negara lain.

Berikut lima senjata paling mematikan sepanjang perang Rusia-Ukraina.

1. Kh-47M2 Kinzhal

5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina

Foto: Defense News

Kh-47M2 Kinzhal merupakan salah satu rudal balistik canggih milik Rusia. Mengutip laman Missile Threat, Jumat (3/2/2023), Kinzhal dilaporkan memiliki jangkauan 1.500 hingga 2.000 km dengan membawa muatan konvensional maupun nuklir seberat 480 kg.

Dengan ukuran panjang 8 m, diameter 1 m, serta berat peluncuran sekitar 4.300 kg, Kinzhal memiliki akselerasi yang sangat cepat serta kemampuan manuver yang tinggi.

Pada 19 Maret 2022, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah menembakkan rudal Kinzhal ke gudang amunisi sekitar kota Deliatyn, barat daya Ukraina

2. Jet Tempur Su-57

5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina

Foto:19fortyfive

Sukhoi Su-57 merupakan pesawat tempur multi-peran generasi kelima yang dikembangkan untuk Angkatan Udara Rusia. Pada tahun 2022 lalu, mereka pernah menggunakannya dalam operasi militer khusus melawan Ukraina, tepatnya saat meluncurkan salah satu rudal jarak jauhnya.

Mengutip laman Airforce Technology, Su-57 dibekali mesin ganda Izdeliye 117 atau AL-41F1 augmented turbofans. Pesawat ini bisa terbang dengan kecepatan hingga Mach 2 tanpa afterburner, serta menjangkau sampai 3.500 km dengan kecepatan subsonik.

Pada bagian persenjataan, jet tempur Rusia ini dilengkapi rudal untuk pertempuran jarak jauh, serta senjata 30mm untuk misi jarak dekat.

3. 9K720 Iskander
5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina

Foto: CSIS

Rudal balistik jarak pendek milik Rusia diperkirakan memiliki jangkauan hingga 500 km. Mengutip laman Military Today, Kremlin memulai pengembangan 9K720 Iskander sejak akhir 1980-an guna menggantikan rudal OTR-23.

Iskander mulai masuk layanan militer Rusia pada tahun 2006. Rudal canggih ini mampu mengenai target yang bergerak dengan penyesuaian koordinat saat meluncur.

Mereka biasa membawa hulu ledak konvensional yang berbeda, termasuk cluster, penghancur bunker, hingga hulu ledak nuklir. Jangkauan tembakan maksimumnya adalah 280 km untuk varian Iskander-E.

Selama invasi Rusia ke Ukraina, Kremlin diketahui telah banyak menggunakan Iskander dengan hulu ledak konvensional.

4. Next Generation Light Anti-Armour Weapon (NLAW)
5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina

Foto: Defence Talk

NLAW merupakan salah satu bantuan senjata yang digunakan Ukraina dalam menghadapi Rusia. Berstatus sebagai penghancur tank, senjata tersebut sangat efektif dalam menghancurkan target.

Mengutip laman Military Today, NLAW memiliki berat 12,5 kilogram. Rudal anti-tank jarak pendek ini secara khusus dirancang untuk melumpuhkan tank tempur dalam kisaran jarak tertentu.

Sebagai senjata sekali pakai, sayangnya NLAW tidak bisa diisi ulang. Selain itu, jangkauannya juga terbatas pada target bergerak hingga 400 meter.

5. Drone Bayraktar TB2
5 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Perang Rusia-Ukraina

Foto: Daily Sabah

Drone canggih buatan Turki ini juga telah digunakan secara luas di Ukraina. Dalam tugasnya, kendaraan udara tak berawak ini sangat efektif untuk melawan pasukan Rusia.

Ditenagai mesin pembakaran internal Rotax 912, Bayraktar TB2 bisa menghasilkan 105 HP serta jangkauan maksimum hingga 300 km. Selain itu, drone ini juga bisa membawa muatan maksimal hingga 150 kg, termasuk 4 rudal MAM-C atau MAM-L
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)