Balon Mata-mata Juga Terlihat di Kanada

Jum'at, 03 Februari 2023 - 15:41 WIB
loading...
Balon Mata-mata Juga Terlihat di Kanada
Kanada mengkonfirmas keberadaan apa yang diduga sebagai balon mata-mata di langit yang tinggi. Foto/Independent
A A A
OTTAWA - Setelah militer Amerika Serikat (AS), sekarang Kanada mengkonfirmasi melihat balon mata-mata di ketinggian yang tinggi. Otoritas Kanada mengatakan bahwa pergerakannya sedang dilacak secara aktif.

“Balon pengintai ketinggian tinggi terdeteksi dan gerakannya dilacak secara aktif oleh NORAD (Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara),” kata pertahanan nasional dalam sebuah pernyataan.

“Warga Kanada aman dan Kanada mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan wilayah udaranya, termasuk pemantauan potensi insiden kedua,” tambah pernyataan itu seperti dilansir dari Independent, Jumat (3/2/2023).



Pernyataan itu juga menyatakan pejabat dari NORAD, Angkatan Bersenjata Kanada, Departemen Pertahanan Nasional, dan mitra lainnya telah menilai situasi dan bekerja dalam koordinasi yang erat.

Komando pertahanan nasional mengatakan bahwa badan intelijen Kanada bekerja sama dengan mitra Amerikanya dan terus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi informasi sensitif Kanada dari ancaman intelijen asing.

“Kami tetap sering berhubungan dengan sekutu Amerika kami saat situasi berkembang,” kata pertahanan nasional.

Peringatan dari pejabat pertahanan Kanada ini datang hanya beberapa jam setelah militer AS mengatakan sedang melacak balon mata-mata China di ketinggian tinggi yang diduga sedang bergerak di atas Amerika Serikat bagian utara.



Juru bicara Pentagon brigadir jenderal Patrick Ryder mengatakan AS sejauh ini memutuskan untuk tidak menembak jatuh balon pengintai itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)