Prancis Tetap Buka Peluang Kirim Jet Tempur ke Ukraina

Selasa, 31 Januari 2023 - 07:20 WIB
loading...
Prancis Tetap Buka Peluang Kirim Jet Tempur ke Ukraina
Jet tempur Rafale Angkatan Laut Prancis terlihat di atas kapal induk Charles de Gaulle di pelabuhan Limassol, Siprus, 21 Februari 2020. Foto/REUTERS/Stefanos Kouratzis
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan gagasan mengirim jet tempur ke Ukraina belum “dikecualikan”.

Saat ini Ukraina Kiev meningkatkan desakannya untuk menekan Barat agar menyumbangkan pesawat tempur untuk militernya.

Ditanya tentang kemungkinan mentransfer jet ke militer Kiev, Macron mengatakan kepada wartawan bahwa, "Pada prinsipnya tidak ada yang dikecualikan," menurut kantor berita Prancis AFP.

Presiden menambahkan Kiev akan dilarang menggunakan jet Prancis untuk menyerang tanah Rusia.

Macron berbicara setelah pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte.



Rutte mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahnya melihat "tidak ada tabu" untuk mengirim pesawat tempur F-16 buatan AS ke Ukraina, tetapi mengakui itu akan menjadi "langkah besar".

Selama hampir satu tahun, gagasan mengirim jet apa pun, apalagi yang dirancang Barat, ke Ukraina dianggap terlalu meningkat oleh kekuatan NATO.

Namun, dalam hitungan hari, ide tersebut kini telah berubah dari hipotetis “berisiko tinggi” dalam kata-kata Pentagon Maret lalu. Ide itu pun menjadi proposal yang sedang dipertimbangkan secara serius.



Menurut berbagai laporan media, Inggris telah menolak gagasan mengirimkan pesawat tempur Typhoon sebagai "terlalu eskalator".

Adapun AS sedang mendiskusikan gagasan untuk menyerahkan pesawatnya "dengan sangat hati-hati" dengan blok NATO lainnya, di tengah tekanan dari kompleks industri militer dan mitranya di Pentagon.

Polandia bersedia mengirim F-16 jika anggota NATO lainnya mengikutinya. Sementara Jerman untuk saat ini menyatakan permintaan Ukraina untuk menyerahkan pesawat tempur Tornado “tidak mungkin”.

Perdebatan tentang pengiriman jet ke Ukraina tampaknya mengikuti lintasan yang sama dengan diskusi selama berbulan-bulan tentang tank.

Pada saat Prancis, Jerman, Inggris, dan AS semuanya setuju menyumbangkan tank bulan ini, keputusan tersebut telah dikirim melalui telegram selama berminggu-minggu melalui laporan yang bersumber dari pemerintah yang semakin konkret di media Barat.

Pejabat Ukraina percaya selama proses ini bahwa pendukung Barat mereka pada akhirnya akan menyerah dan mengumumkan pengiriman tank.

Menteri luar negeri Ukraina mengejek penolakan publik Jerman, bersikeras bahwa Berlin akan "tetap melakukannya", jauh sebelum pengumuman resmi dibuat.

Kiev tampaknya sama-sama berharap menerima pesawat dari Barat. Memposting di Facebook pekan lalu, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Ukraina Aleksey Danilov membagikan video F-16 Amerika bersama dengan tulisan “segera di langit Ukraina.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)