Rusia Produksi Model Baru Senapan Legendaris Generasi Kelima yang Dimodernisasi

Senin, 30 Januari 2023 - 15:14 WIB
loading...
Rusia Produksi Model Baru Senapan Legendaris Generasi Kelima yang Dimodernisasi
Seseorang menembakkan senapan serbu Kalashnikov AK-12 di forum teknis-militer internasional Army-2015 di Kubinka, di luar Moskow, Rusia, 17 Juni 2015. Foto/REUTERS/Sergei Karpukhin
A A A
MOSKOW - Konsorsium pertahanan Rostec Rusia akan mulai memproduksi model terbaru senapan serbu Kalashnikov AK-12 tahun ini. Ini adalah generasi kelima dari senjata api legendaris itu.

“Desain baru mencerminkan pengalaman yang diperoleh pasukan Rusia selama operasi militer di Ukraina,” ungkap Kepala Rostec, Sergey Chemezov.

“Kami bekerja sama dengan militer dan mendapatkan umpan balik mereka,” ujar dia saat meluncurkan senapan yang ditingkatkan pada Jumat (27/1/2023).

“Kami dapat segera bereaksi terhadap perubahan kebutuhan (tentara) dan memperkenalkan perubahan konstruksi serta meningkatkan produk kami,” papar dia.



Menurut Chemezov, model AK-12 yang baru menerima “peningkatan besar” dan jauh lebih ramah pengguna dan ergonomis. “Model baru akan diproduksi massal tahun ini,” ujar dia.

AK-12 kaliber 5.45 mm telah meningkatkan akurasi operasional dan kepadatan penembakan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Senjata ini juga menampilkan beberapa rel Picatinny untuk pemandangan senjata dan indikator target laser.

Senjata tersebut hanyalah salah satu produk mutakhir Kalashnikov Group yang juga mencakup senapan serbu AK-19 5,56x45 mm dan senapan mesin ringan PPK-20 9 mm.

Grup ini memproduksi senapan serbu AK-15 dengan kaliber 7.62 mm untuk Angkatan Darat Rusia dan AK-19 untuk klien internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)