Taipei Sebut 7 Pesawat dan 4 Kapal China Terlihat di Sekitar Taiwan

Jum'at, 27 Januari 2023 - 21:40 WIB
loading...
Taipei Sebut 7 Pesawat dan 4 Kapal China Terlihat di Sekitar Taiwan
Taipei Sebut 7 Pesawat dan 4 Kapal China Terlihat di Sekitar Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
TAIPEI - Pemerintah Taiwan melihat tujuh pesawat China dan empat kapal di sekitar pulau itu dalam 24 jam terakhir. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Taiwan, Jumat (27/1/2023).

"Hari ini, pada pukul 06:00, tujuh pesawat dan empat kapal PLA (Tentara Pembebasan Rakyat China) terlihat di sekitar Taiwan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari TASS.



“Angkatan Bersenjata Taiwan terus mencermati situasi sementara pesawat, pasukan angkatan laut, dan sistem rudal permukaan-ke-udara berbasis darat telah meningkatkan kewaspadaan,” lanjut pernyataan itu.

Seperti yang ditentukan petinggi Taiwan, pesawat perang anti-kapal selam Y-8 China dan kendaraan udara tak berawak BZK-005 memasuki zona identifikasi pertahanan udara pulau itu dari barat daya.

Tentara China secara teratur berpatroli di perairan sekitar Taiwan dalam beberapa bulan terakhir. Ketegangan di Selat Taiwan meningkat setelah Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi mengunjungi Taipei pada Agustus tahun lalu. Perjalanan itu menuai kritik tajam dari Beijing.



Taiwan telah diperintah oleh pemerintahan lokalnya sejak 1949, ketika sisa pasukan Kuomintang yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek (1887-1975) dikalahkan dalam Perang Saudara Tiongkok dan berlindung di pulau itu.

Taiwan telah melestarikan bendera dan beberapa simbol Republik Tiongkok lainnya yang telah ada sebelum Komunis mengambil alih daratan. Menurut posisi resmi China yang didukung oleh sebagian besar negara, termasuk Rusia, Pulau Taiwan adalah salah satu provinsi China.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)