AS Desak Ukraina Tak Terpaku Bela Kota Bakhmut, Ada Ancaman Lebih Besar

Minggu, 22 Januari 2023 - 01:01 WIB
loading...
AS Desak Ukraina Tak Terpaku Bela Kota Bakhmut, Ada Ancaman Lebih Besar
Prajurit Ukraina naik tank dekat kota garis depan Bakhmut, Donetsk, 20 Januari 2023. Foto/REUTERS/Oleksandr Ratushniak
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) percaya Ukraina harus "memfokuskan kembali" persiapan untuk serangan baru. Washington menunjukkan pertempuran sengit untuk kota timur Artyomovsk (disebut Bakhmut oleh Ukraina) mungkin "menghambat" Kiev.

Laporan beberapa outlet berita itu mengutip seorang pejabat senior AS. Komentar tersebut bertentangan dengan laporan media Barat selama berbulan-bulan yang menggambarkan kota itu sebagai area kunci dan strategis.

Berbicara kepada sekelompok kecil wartawan pada Jumat, seorang pejabat tinggi dalam pemerintahan Presiden AS Joe Biden (yang menolak disebutkan namanya atau dikutip kata demi kata) mengatakan, “Ukraina seharusnya tidak terpaku pada mempertahankan kota Bakhmut dengan cara apa pun.”

Dalam laporan AFP, Kiev disarankan menggunakan waktu tersebut untuk mempersiapkan serangan balasan besar-besaran terhadap Rusia.



“Fokus yang kuat pada kota itu menghambat Ukraina dalam tugas yang lebih penting, mengorganisir serangan musim semi untuk merebut kembali wilayah yang hilang dari Moskow,” ujar pejabat itu.

Sumber itu mencatat “waktu menguntungkan Rusia” karena jumlah pasukan dan artileri yang lebih unggul.

Dalam laporan serupa pada Jumat, Reuters juga secara tidak langsung mengutip seorang pejabat senior pemerintahan Biden yang menasihati Kiev untuk menunggu “sampai pasokan terbaru persenjataan AS tersedia dan pelatihan telah diberikan”.

Nasihat itu tampaknya mengacu pada paket senjata senilai USD2,5 miliar yang disetujui di Washington pekan ini.

Bantuan tersebut mencakup sejumlah besar peluru artileri, amunisi untuk platform roket multi-peluncuran HIMARS yang dipasok AS, dan, untuk pertama kalinya, kendaraan tempur Stryker, tetapi tidak ada tank.

Sejumlah kecil tentara Ukraina juga menjalani pelatihan di pangkalan AS di Jerman, dengan beberapa belajar bagaimana mengoperasikan baterai pertahanan rudal Patriot yang diotorisasi untuk Kiev pada bulan Desember.

Pejabat itu diduga mengatakan senjata Barat yang akan dibutuhkan untuk "pasukan ofensif bergerak" untuk pertempuran di masa depan saat ini "mengalir ke Ukraina".

Menurut laporan Reuters, sumber itu menambahkan, “Kiev tidak boleh menyia-nyiakan sumber dayanya yang terbatas pada target yang tidak penting secara strategis.”

Sementara banyak pers Barat, termasuk outlet seperti PBS, NBC, CBS, New York Times, dan lainnya, telah berulang kali menganggap kota itu sebagai pusat kepentingan strategis utama, pejabat AS telah menyuarakan pandangan yang sama sekali berbeda dalam beberapa hari terakhir.

“Bahkan jika Moskow berhasil merebut kota itu, itu tidak akan secara strategis mengubah dinamika di medan perang. Itu tidak akan membuat Ukraina kembali ke tingkat di mana mereka tiba-tiba mundur dan mereka kalah,” papar juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby sebelumnya pada Jumat.

Kota Artyomovsk telah menjadi benteng tentara Ukraina sejak kudeta 2014 di Kiev. Itu adalah bagian dari garis pertahanan sepanjang 70 kilometer yang dibuat pasukan Ukraina selama tahun-tahun berikutnya.

Rusia mengklaim kedaulatan atas kota itu bersama dengan Republik Rakyat Donetsk lainnya, yang bergabung dengan Rusia pada Oktober setelah referendum. Kiev menolak pemungutan suara itu sebagai "palsu".

Kota tersebut tetap menjadi pusat logistik utama bagi pasukan Ukraina di wilayah tersebut dan telah muncul sebagai titik fokus konflik dalam beberapa bulan terakhir.

Pasukan Rusia telah mencapai beberapa kemenangan di daerah itu selama beberapa pekan terakhir, merebut kota Soledar dan desa strategis Klescheevka di antara beberapa permukiman lain saat mereka berusaha mengepung Artyomovsk.

Meskipun masih belum jelas apakah Kiev akan mengindahkan saran tersebut, komentar dari pejabat AS muncul setelah laporan Jumat oleh Der Spiegel, yang mengutip Badan Intelijen Federal Jerman (BND) sebagai "khawatir" atas kerugian besar yang diderita pasukan Ukraina di daerah itu.

Awal pekan ini, surat kabar Inggris The Times juga melaporkan Kiev telah mengirim pasukan dengan perlengkapan yang buruk dengan sedikit pengalaman tempur untuk mempertahankan Artyomovsk.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)