Presiden Ukraina Zelensky Ragu Vladimir Putin Masih Hidup, Ini Respons Rusia

Sabtu, 21 Januari 2023 - 00:45 WIB
loading...
Presiden Ukraina Zelensky Ragu Vladimir Putin Masih Hidup, Ini Respons Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ragu apakah Putin masih hidup. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia tidak yakin Presiden Rusia Vladimir Putin masih hidup atau apakah Putin yang membuat keputusan atas negaranya saat ini.

Kremlin merespons dengan menyebut pemimpin Ukraina tersebut secara psikologis murni tidak menyukai keberadaan Rusia dan pemimpinnya.

Komentar Zelensky disampaikan dalam pidato pada Kamis pagi untuk Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss.

"Saya tidak begitu mengerti dengan siapa harus berbicara dan tentang apa," kata Zelensky.

“Saya tidak yakin bahwa presiden Rusia yang kadang-kadang muncul di layar hijau sebenarnya adalah yang [sebenarnya]. Saya tidak begitu mengerti apakah dia masih hidup atau apakah dia membuat keputusan, atau siapa pun yang membuat keputusan di sana. Kelompok orang apa [yang mungkin membuat keputusan di Rusia]? Saya tidak punya informasi semacam itu," paparnya.



"Saya tidak begitu mengerti bagaimana Anda bisa menjanjikan satu hal kepada para pemimpin Eropa, dan hari berikutnya meluncurkan invasi besar-besaran ke suatu negara. Saya hanya tidak begitu mengerti dengan siapa kita berurusan. Ketika kita mengatakan 'pembicaraan damai', saya tidak begitu mengerti dengan siapa [kita harus bernegosiasi]," lanjut Zelensky.

"Kami berbicara dengan Anda sekarang: Anda tahu persis siapa saya, dan saya tahu persis siapa Anda. Ada saksi fakta bahwa kita hidup. Dan bahkan jika kita berbicara tentang hal yang berbeda, kita dapat mencapai konsensus."

Komentar Zelensky itu langsung direspons Kremlin pada sore harinya.

“Jelas bahwa Rusia dan Putin adalah masalah besar bagi Ukraina dan Zelensky. Dan jelas bahwa, secara psikologis murni, Zelensky lebih suka bahwa baik Rusia maupun Putin tidak ada," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip dari kantor berita RBC milik pemerintah Rusia, Jumat (20/1/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)