4 Rudal Balistik Antar Benua Andalan Rusia dengan Kekuatan Mengerikan

Senin, 16 Januari 2023 - 17:46 WIB
RS-26 Rubezh menjadi rudal balistik antar benua Rusia yang terus dikembangkan kemampuannya. Foto/Center for Military-Political Studies
MOSKOW - Terdapat empat rudal balistik antar benua yang diketahui sebagai andalan militer Rusia.

Pada statusnya, Rusia dikenal sebagai negara adidaya yang memiliki kekuatan militer mumpuni. Dalam hal ini, mereka memiliki banyak persenjataan canggih dengan kemampuan yang mengerikan.

Dari sekian banyak, salah satu yang cukup menarik adalah peluru kendali antar benua atau Intercontinental Ballistic Missile (ICBM).

Berikut sejumlah rudal balistik antar benua andalan Rusia yang memiliki kekuatan mengerikan.

1. RS-28 Sarmat



RS-28 Sarmat merupakan salah satu Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) Rusia yang menjadi andalan. Mengutip laman Missile Threat, Senin (16/1/2023), rudal ini memiliki nama NATO “Satan”.



Pada sejarahnya, RS-28 Sarmat dirancang untuk menggantikan SS-18 Rusia yang sudah menua. Dalam perkembangannya, rudal balistik ini mulai digarap sekitar tahun 2000-an.

RS-28 Sarmat merupakan rudal berbahan bakar cair yang disebut bisa menjangkau 18.000 km dengan berat peluncuran 208,1 metrik ton. Rudal canggih ini memiliki diameter sekitar 3 m dan panjang 35,3 m.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More