Kremlin: Putin Terbuka untuk Dialog, Tapi Barat Harus Terima Tuntutan Moskow

Jum'at, 02 Desember 2022 - 20:20 WIB
Kremlin: Putin Terbuka untuk Dialog, Tapi Barat Harus Terima Tuntutan Moskow. FOTO/Reuters
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin terbuka untuk pembicaraan tentang kemungkinan penyelesaian di Ukraina , tetapi Barat harus menerima tuntutan Moskow. Hal itu diungkapkan Kremlin, Jumat (2/12/2022).

Pernyataan itu dikeluarkan Kremlin, satu hari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dia bersedia berbicara dengan Putin untuk mengakhiri perang di Ukraina.



Biden, yang berbicara di samping Presiden Prancis Emmanuel Macron, mengatakan, satu-satunya cara untuk mengakhiri perang di Ukraina adalah dengan menarik pasukan Putin dan bahwa jika Putin ingin mengakhiri konflik maka Biden akan siap untuk berbicara dengan kepala Kremlin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memberikan respon, ketika ditanya tentang pernyataan Biden. Ia mengatakan bahwa Putin tetap terbuka untuk negosiasi, tetapi Rusia tidak akan menarik diri dari Ukraina.



"Presiden Federasi Rusia selalu, sedang, dan tetap terbuka untuk negosiasi guna memastikan kepentingan kami," kata Peskov kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters.



Putin mengatakan, dia tidak menyesal meluncurkan apa yang dia sebut "operasi militer khusus" Rusia melawan Ukraina, menjadikannya sebagai momen yang menentukan ketika Rusia akhirnya melawan hegemoni Barat yang arogan setelah puluhan tahun dipermalukan di tahun-tahun sejak jatuhnya Soviet pada 1991.

Ukraina dan Barat mengatakan, Putin tidak memiliki pembenaran atas apa yang mereka sebut sebagai perang pendudukan gaya kekaisaran. Ukraina mengatakan akan berjuang sampai tentara Rusia terakhir dikeluarkan dari wilayahnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More