Lebih dari Satu Juta Orang Telah Ikuti Tes Covid-19 di Arab Saudi

Selasa, 28 April 2020 - 09:01 WIB
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang di bandara Riyadh, Arab Saudi. Foto/REUTERS
RIYADH - Lebih dari satu juta orang di Arab Saudi telah mengikuti tes massal Covid-19 sejak lebih dari dua pekan lalu.

Laporan terbaru itu diungkapkan juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi. Tes massal dilakukan untuk mengontrol penyebaran virus corona di Kerajaan yang saat ini memiliki total 18.811 kasus.

“Sebanyak 1.289 kasus baru dilaporkan pada Senin (27/4), sebanyak 16% warga Saudi dan 84% ekspatriat. Terdapat 16.136 kasus aktif, 117 berada di unit perawatan intensif (ICU),” ungkap pernyataan Kementerian Kesehatan Saudi.

Peluncuran tes massal itu membantu mendeteksi 400 kasus awal bulan ini.

“Lebih dari satu juta orang mendapat manfaat dari tes massal yang telah dilakukan, baik melalui tes medis atau evaluasi medis dan tes aktif,” papar juru bicara Kementerian Kesehatan Dr Mohammed Al Abd Al Aly, dilansir Arab News.



Dia menambahkan, “Ini membantu mendeteksi sejumlah wilayah yang mungkin memiliki jumlah kasus yang tinggi dan yang ditargetkan dari tes massal ini adalah mereka yang sudah atau belum dites.”

Dia menjelaskan, ada 174 kasus sembuh baru sehingga total pasien yang sembuh menjadi 2.531. Ada lima korban meninggal baru, sehingga total korban meninggal ada 144.

Dua warga Saudi yakni satu wanita dan pria di Makkah, dan tiga ekspatriat berumur antara 43 hingga 82 tahun meninggal dunia. Mereka semua mengalami penyakit kronis.

Dia mengingatkan warga agar terus melaksanakan himbauan dengan menjaga kebersihan tangan, menerapkan social distancing dan tetap di dalam rumah.

Dia memperingatkan warga tidak mempercayai apapun informasi yang tidak bersumber dari lembaga resmi. Dia menyatakan semua informasi resmi akan dilaporkan dari lembaga resmi dan bukan dari grup WhatsApp atau melalui pihak ketiga.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(sya)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More