Profil Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg

Selasa, 08 November 2022 - 16:21 WIB
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. Foto/NATO.int
JAKARTA - Jens Stoltenberg adalah Sekretaris Jenderal NATO. Ia merupakan pimpinan tertinggi NATO, yang saat ini ikut terlibat dalam konflik Rusia dan Ukraina. Stoltenberg melakukan berbagai langkah politik untuk mengantisipasi serangan baru dari Rusia.

Meskipun NATO bukan pihak yang berada dalam konflik Rusia-Ukraina, namun Stoltenberg mengatakan bahwa dukungan NATO memainkan peran kunci. NATO tetap mendukung kedaulatan dan meningkatkan pertahanan diri Ukraina agar dapat terbebas dari pendudukan Rusia. Hal tersebut disampaikan Stoltenberg dalam pertemuan di markas NATO, pada Oktober lalu.

Lahir di Oslo, Norwegia pada 16 Maret 1959, Stoltenberg meraih gelar pascasarjana di bidang ekonomi dari Universitas Oslo. Setelah lulus pada 1987, Stoltenberg mulai bekerja di Statistik Norwegia, sebelum berkecimpung di dunia politik.



Ia diangkat sebagai Perdana Menteri Norwegia pada 2000-2001. Semasa menjabat, pengeluaran Norwegia untuk pertahanan negara terus meningkat hingga menjadi salah satu sekutu dengan pengeluaran pertahanan per kapita tertinggi. Selain itu, Stoltenberg berperan penting dalam transformasi angkatan bersenjata Norwegia, dengan berfokus pada kemampuan high-end yang dapat digunakan.



Jens Stoltenberg didapuk sebagai Sekretaris Jenderal NATO sejak Oktober 2014. Mandatnya telah diperpanjang hingga akhir September 2023. Di bawah kepemimpinan Stoltenberg, NATO mengimplementasikan pertahanan kolektif dengan kekuatan terbesar sejak Perang Dingin. Selain itu, ia mengerahkan pasukan tempur NATO di bagian timur Aliansi, serta meningkatkan kesiapan pasukannya. Hal ini merupakan respons NATO terhadap lingkungan keamanan yang semakin menantang. Seraya mempertahankan dialog dengan Rusia, Stoltenberg menekankan pada pencegahan dan pertahanan yang kredibel.

Sebelum mencapai kariernya saat ini, Jens Stoltenberg pernah bekerja sebagai jurnalis di surat kabar Arbeiderblad. Pada 1981, ia memutuskan untuk meninggalkan karier jurnalistiknya dan menjadi politisi di Partai Buruh. Empat tahun kemudian, Stoltenberg dipercaya sebagai pimpinan Liga Pemuda Buruh hingga tahun 1989. Setelah itu, ia dipercaya untuk menjabat sejumlah posisi penting, seperti:



- Sekretaris Negara di Kementerian Lingkungan Hidup (1990-1991)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More