Zelensky Sangkal Desak NATO Mengebom Nuklir Rusia, Ini yang Dia Inginkan

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 07:00 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyangkal mendesak NATO mengebom nuklir Rusia. Foto/Screenshot BBC
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyangkal bahwa dirinya mendesak NATO untuk mengebom nuklir Rusia. Dia mengeklaim pernyataan video sebelumnya kepada Lowy Institute di Australia yang memicu kemarahan telah salah diterjemahkan.

Yang sebenarnya diinginkan Zelensky adalah "preventive kicks" atau "tendangan pencegahan" dan bukan "preventive strikes" atau "serangan pencegahan".

Dia mengklarifikasi pernyataannya itu kepada BBC dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada Jumat (7/10/2022) malam, di mana penyiar media Inggris tersebut menafsirkan keinginan Zelensky mengacu pada sanksi.



"Saya bilang Anda harus melakukan preventive kicks, bukan attacks," kata Zelensky kepada wartawan BBC John Simpson.



Mengutip Zelensky dalam teks yang menyertai videonya, BBC menyisipkan interpretasi bahwa maksud dari keinginan Zelensky mengacu pada sanksi.

Ituu menggemakan penjelasan yang disampaikan oleh juru bicara Zelensky, Sergey Nikoforov.

“Apa yang harus NATO lakukan? Hilangkan kemungkinan Rusia menggunakan senjata nuklir,” kata Zelensky, menurut terjemahan dari video sambutannya dari Ukraina.

“Saya sekali lagi mengimbau masyarakat internasional, seperti sebelum 24 Februari: preventive strikes [serangan pendahuluan] sehingga mereka tahu apa yang akan terjadi pada mereka jika mereka menggunakannya, dan bukan sebaliknya," lanjut Zelensky, yang pernyataannya membingungkan banyak pihak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More