Kata China, Ini Alasan Sebenarnya AS Kirim Pelosi ke Taiwan

Senin, 08 Agustus 2022 - 08:32 WIB
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersama delegasi Kongres Amerika mendarat di Taiwan pada Selasa pekan lalu, mengabaikan peringatan keras dari China. Foto/REUTERS
DHAKA - Pemerintah China meyakini bahwa kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan adalah bagian dari taktik Washington.

Menurut Beijing, taktik itu bertujuan menciptakan dalih untuk mengerahkan lebih banyak militer Amerika ke sekitar pulau tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dibuat selama kunjungannya ke Bangladesh, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan; "Ada tanda-tanda bahwa Amerika Serikat sedang mencoba untuk mengulangi trik lamanya.”

"Washington memiliki sejarah menciptakan masalah terlebih dahulu, dan kemudian menggunakannya untuk mewujudkan rencana strategisnya sendiri di tempat lain di dunia," kata Wang Yi.





Menurut diplomat top China tersebut, pemain regional harus menentang peningkatan kehadiran militer Amerika di sekitar Taiwan.

"Taiwan bukan bagian dari Amerika Serikat, tetapi wilayah China,” tegas Wang Yi, yang dilansir Russia Today, Senin (8/8/2022).

Menurutnya, dengan memberikan lampu hijau untuk kunjungan Pelosi, AS telah mengingkari komitmen yang sebelumnya diakuinya terhadap integritas teritorial China.

Wang Yi melanjutkan dengan menggambarkan respons kuat China, yang, antara lain, termasuk sanksi."Sebagai [tindakan] sah, masuk akal, perlu, terbuka, dan pantas," paparnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More