Agama Warga Negara India dan Persentasenya

Rabu, 15 Juni 2022 - 19:40 WIB
Agama Warga Negara India dan Persentasenya. FOTO/Reuters
NEW DELHI - India merupakan salah satu negara di wilayah Asia Selatan yang terkenal dengan industri film Bollywood yang mendunia. Negara ini menduduki urutan kedua sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi kurang lebih 1.406.631.776 jiwa pada tahun 2022.

Selain itu, India juga dikenal sebagai negara dengan tingkat keragaman agama tertinggi di dunia. Apa saja agama-agama yang dianut warga India? Berdasarkan jurnal Impact of Culture and Religion on India’s Food Phosphorus Footprint oleh Dhar, dkk yang terbit 2020, berikut agama warga negara India dan persentasenya.



1. Hindu

Tercatat ada 79% penduduk India yang memeluk agama Hindu. Diketahui, Hindu merupakan agama mayoritas penduduk India. Hal ini terlihat dari sejumlah arsitektur dan candi-candi yang berada di India.



2. Islam

Islam menempati urutan kedua sebagai agama mayoritas di India. Tercatat sebanyak 14% warga India memeluk agama Islam. Pemeluk agama Islam di India paling banyak berada di bagian negara Lakshadweep, Jammu and Kashmir.

3. Kristen

Agama Kristen menempati urutan ketiga dengan presentasi 3% dari seluruh rakyat India. Populasi pemeluk agama Kristen paling banyak ditemui di bagian Kerala, Nagaland, Mizoram dan Meghalaya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More