Inilah Momen-momen Besar dari 100 Hari Perang Rusia-Ukraina

Jum'at, 03 Juni 2022 - 23:13 WIB
Gedung di Kiev, Ukraina, terbakar akibat dihantam rudal Rusia pada awal-awal invasi. Perang Rusia di Ukraina telah memasuki hari ke-100 pada Jumat (3/6/2022). Foto/REUTERS
MOSKOW - Perang besar-besaran Rusia di Ukraina sudah memasuki hari ke-100 pada Jumat (3/6/2022). Invasi itu, yang menurut narasi Presiden Vladimir Putin adalah "operasi militer khusus", diluncurkan dengan dalih untuk "demiliterisasi" dan "denazifikasi" negara tetangga.

Sejak invasi diluncurkan 24 Februari, pasukan Moskow menyerbu Ukraina dari tiga front, mendorong puluhan ribu orang Ukraina melarikan diri.

Berikut momen-momen besar dari timeline 100 hari perang Rusia di Ukraina, seperti dikutip dari Newsweek.

1 Maret, Militer Rusia Dekati Kiev

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan konvoi tank, kendaraan lapis baja, dan artileri Rusia sepanjang satu mil sedang mendekati Ibu Kota Ukraina, Kyiv—ada yang menyebutnya Kiev—, di tengah kekhawatiran akan serangan terhadap kota itu terus tumbuh.



Intelijen Inggris berekspektasi konvoi itu mungkin ingin mengepung kota, tetapi tetap terhenti karena perlawanan militer Ukraina.



Sirene memperingatkan penduduk Kyiv untuk berlindung, sementara pertempuran meningkat antara pasukan Rusia dan Ukraina di luar ibu kota. Pejabat Ukraina menginstruksikan warga sipil untuk menyiapkan bom molotov guna melawan invasi pasukan Rusia.

Pada titik ini, menurut kelompok hak asasi manusia (HAM), Rusia telah meluncurkan serangan membabi buta di wilayah sipil.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More