Putin Dikelilingi Ajudan dengan Koper Nuklir, Ini Penampakannya

Minggu, 10 April 2022 - 00:00 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dikelilingi para ajudannya, yang membawa koper komando serangan nuklir, menghadiri pemakaman sekutunya. Foto/East2West
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dikelilingi ajudan militer yang menenteng koper komando serangan nuklir . Pemandangan tak biasa ini terjadi ketikadia menghadiri prosesi pemakaman tokoh ultranasionalis yang juga sekutunya, Vladimir Zhirinovsky, pada hari Jumat.

Koper komando serangan nuklir selalu berada di dekat presiden Rusia setiap saat. Protokol ini sama dengan yang berlaku di Amerika Serikat (AS).

Presiden, sebagai panglima tertinggi negara, memiliki otoritas langsung atas perintah serangan nuklir melalui koper berisi kode-kode rahasia yang dikenal di Amerika sebagai "nuclear football".



Mengutip The Sun, Sabtu (9/4/2022), Presiden Putin tiba di Katedral Kristus Juru Selamat di Moskow, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Zhirinovsky.



Putin, berpakaian hitam, membuat tanda salib di depan peti mati terbuka Zhirinovsky saat sekutu dekatnya dimakamkan.

Zhirinovsky diyakini telah jatuh sakit dengan COVID-19 sebelum dirawat di rumah sakit—meskipun dia dilaporkan sudah mendapatkan delapan suntikan vaksin pencegan virus tersebut.

Kehadiran seorang perwira tinggi militer yang terlihat membawa peralatan peluncuran untuk rudal strategis Kremlin dianggap sebagai tanda mengerikan bahwa Putin dapat menggunakan senjata nuklir yang menghancurkan.

Gambar-gambar itu muncul tujuh minggu setelah pemimpin Rusia itu memerintahkan pasukan nuklir negara dalam posisi siaga tinggi setelah mengecam aliansi NATO karena menjatuhkan sanksi agresif besar-besaran terkait invasi Moskow ke Ukraina.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More