Karyawan outsourcing PLN mogok sepekan

Senin, 19 November 2012 - 12:20 WIB
Karyawan outsourcing PLN mogok sepekan
Karyawan outsourcing PLN mogok sepekan
A A A
Sindonews.com - Menuntut kejelasan nasib, ribuan pekerja outsorcing di PLN Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan mogok kerja mulai hari ini hingga Senin 26 Agustus 2012.

Koordinator wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sulsel, Andi Mallantu mengatakan, seluruh pekerja outsorcing sepakat menghentikan aktivitasnya selama sepekan.

"Kami telah sepakat, bahwa akan melakukan mogok kerja hingga tanggal 26 Novenber mendatang," kata dia saat dikonfirmasi sesaat setelah melakukan pertemuan dengan pihak PLN di Makassar, Senin (19/11/2012).

Ia menegaskan, kemungkinan aksi mogok akan terus berlanjut sampai para karyawan outsorcing memperoleh putusan positif dari PLN.

"Kami hanya menuntut aga para pekerja outsorcing ini diangkat menjadi pegawai, karena mereka telah lama bekerja," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa 1.000 pekerja tersebut masih dalam lingkup PLN Sulsel. "Namun jumlah ini pasti akan bertambah, karena sampai sekarang data pekerja outsorcing mencapai 5.000 orang," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan General Manager (GM) PLN Andi Lakipadadah, mengungkapkan bahwa hal itu sah-sah saja dilakukan oleh para pekerja outsorcing karena itu merupakan hak mereka.

"Kami tidak bisa menghalangi mereka melakukan hal tersebut," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya telah mempersiapkan pengganti sementara untuk melakukan tugas outsorcing tersebut.

"Kami siapkan dari karyawan organik, untuk tetap melakukan kerja karyawan outsorcing tersebut," ungkapnya.

Terkait dengan tuntutan para buruh outsorcing itu, dia sudah menindak lanjuti ke pimpinan pusat agar mereka bisa dinaikkan statusnya.

"Kami sudah mengirimkan surat pada tanggal 15 November lalu, dan sementara masih menunggu keputusan dari pusat," jelasnya.

Sementar itu para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pertambangan dan Energi (FSPE) serta KSBSI. Terus melakukan unjukrasa di depan kantor PLN Sultanbatara Jalan Hertasning Baru Makassar, para demostran menutup akses jalan tersebut hingga kemacetan tidak terhindarkan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6344 seconds (0.1#10.140)