Turki Bersiap Produksi Massal Hurjet, Jet Tempur Buatan Sendiri

Minggu, 16 Januari 2022 - 02:15 WIB
Hurjet, pesawat tempur ringan buatan Turki yang akan diproduksi massal. Foto/Daily Sabah
ANKARA - Turki sedang bersiap untuk produksi massal jet tempur ringan dan jet tempur latih buatan sendiri, Hurjet. Persiapan itu diumumkan Komite Eksekutif Industri Pertahanan Ankara.

Mengutip Al-Monitor, Sabtu (15/1/2022), pengumuman itu muncul setelah badan tersebut mengadakan pertemuan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu lalu.



Turki berencana untuk mengekspor Hurjet, yang merupakan modifikasi mesin jet dari TAI Hurkus yang digerakkan oleh baling-baling, menyusul keberhasilan penjualan drone bersenjata Ankara di luar negeri.

Pesawat baru, yang dijadwalkan terbang pada 2023, dirancang untuk melatih pilot Turki untuk menerbangkan jet tempur generasi kelima seperti F-35.



Pengusiran Turki oleh AS dari program F-35 Joint Strike Fighter, bagaimanapun, membuat pemerintah Erdogan berencana untuk memproduksi pesawat tempur generasi kelima sendiri.

Erdogan berjanji pekan lalu bahwa industri pertahanan akan meluncurkan pesawat tempur generasi kelima Turki pada tahun depan.

Pesawat konsep TF-X sangat mirip dengan F-35 dalam penampilan. Erdogan mengatakan pesawat itu pertama kali akan mengudara pada 2025 dan akan dioperasikan di Angkatan Udara Turki pada 2029.

Erdogan semakin mendorong industri pertahanan Turki menuju kemerdekaan dari pemasok asing sejak Ankara dikeluarkan dari program F-35 pada 2019 karena pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More