Dirumorkan Membelot ke AS, Mata-mata Top China Nongol di Dialog SCO

Jum'at, 25 Juni 2021 - 06:46 WIB
“Dalam menghadapi ancaman dan tantangan baru terhadap keamanan kawasan, semua pihak harus bersinergi agar dapat bersama-sama menjawab berbagai tantangan dan menjaga keamanan kawasan,” sambungnya seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (25/6/2021).

Lima saran Zhao untuk SCO termasuk meningkatkan peran Pakta Shanghai dalam menjaga keamanan regional. Kelompok itu juga harus mempromosikan rekonsiliasi di Timur Tengah serta penarikan pasukan militer asing secara teratur dari Afghanistan.



"Ini perlu dilakukan dalam masalah yang bertanggung jawab untuk mencegah pasukan teroris mengambil keuntungan dari kekacauan," katanya kepada aliansi yang negara-negara anggota tetapnya termasuk Rusia, India, Pakistan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Zhao mendesak SCO untuk dengan tegas menolak praktik fitnah campur tangan dalam urusan internal negara lain dan pelanggaran kedaulatan negara lain.

Risalah pertemuan mengatakan Zhao bergabung dalam dialog oleh wakilnya, Du Hangwei, sementara Dong adalah satu-satunya perwakilan dari Kementerian Keamanan Negara.

Penampilan publik pertama sang spymaster bulan ini tampaknya akan menghentikan desas-desus tentang dugaan pembelotannya ke AS, yang pertama kali dilaporkan oleh blog politik konservatif RedState pada 4 Juni lalu.

Laporan selanjutnya, ditambah dengan analisis oleh spesialis China dan pembelot China berbasis di AS, semakin memicu spekulasi yang berlanjut karena keberadaan Dong tetap tidak diketahui.



Pada hari Selasa, dua sumber terpisah pemerintah AS membantah rumor bahwa Dong telah menyerahkan dirinya kepada pejabat intelijen Amerika. Berbicara dengan syarat anonim, sumber pertama mengatakan kepada Newsweek bahwa cerita itu tidak akurat, sementara yang kedua mengatakan bahwa laporan itu sama sekali tidak benar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More