Pernah Jadi Aktivis Pro Palestina, Jurnalis AP Dipecat

Jum'at, 21 Mei 2021 - 21:18 WIB
AP dilaporkan telah memecat seorang jurnalis mudanya karena pernah menjadi aktivis pro Palestina. Foto/New York Daily News
SAN FRANCISCO - Associated Press (AP) telah memutuskan kontrak seorang jurnalis muda yang berbasis di Arizona yang dituduh bias anti- Israel atas aktivisme kuliahnya. Media itu sebelumnya disalahkan karena berbagi kantor dengan Hamas di Jalur Gaza .

Emily Wilder kehilangan pekerjaannya di AP lebih dari dua minggu setelah dia dipekerjakan untuk menulis berita dari Maricopa County, Arizona. Dia dipecat karena diduga melanggar aturan media sosial perusahaan, yang mewajibkan karyawan untuk tetap diam di depan umum tentang masalah publik yang kontroversial dan tidak terlibat dalam tindakan terorganisir untuk mendukung pergerakan.

Layanan berita itu meluncurkan penyelidikan ke jejak media sosial Wilder setelah aktivisme pro-Palestina di masa kuliahnya disorot oleh outlet sayap kanan. Dia adalah seorang Yahudi dan merupakan anggota aktif Suara Yahudi untuk Perdamaian dan Mahasiswa untuk Keadilan di Palestina di Stanford, tempat dia lulus pada tahun 2020.

Partisipasinya dalam kelompok pro-Palestina disorot pada hari Selasa oleh organisasi mahasiswa Republik di universitas tersebut. Dikatakan kelompok itu pro-Hamas dan terkenal karena tindakan intimidasi dan kekerasan terhadap mahasiswa pro-Israel. Kritik tersebut juga diterima oleh Washington Free Beacon dan Fox News, dan didorong oleh sejumlah tokoh publik konservatif terkemuka, termasuk Senator dari Partai Republik Tom Cotton.





Sebagai seorang aktivis mahasiswa, Wilder adalah seorang pengkritik kebijakan Israel yang keras dan terkadang sangat blak-blakan. Pada satu titik, dia menggambarkan mega-donor dari Partai Republik Sheldon Adelson sebagai miliarder tikus mondok telanjang, pro-Trump, sayap kanan jauh. Adelson, yang adalah seorang Yahudi dan meninggal pada bulan Januari, menimbulkan kemarahannya karena mendanai program Taglit-Birthright Israel. Ini mensponsori perjalanan warisan gratis ke Israel untuk orang dewasa muda Yahudi, tetapi Wilder memandang aktivitasnya sebagai tidak lebih dari propaganda etnis nasionalis.

Jurnalis itu mengatakan AP sangat menyadari aktivisme masa lalunya ketika mempekerjakannya.

"Ketika postingan lamanya muncul kembali, editornya meyakinkannya bahwa dia tidak akan mendapat masalah, karena semua orang memiliki pendapat di perguruan tinggi," katanya kepada outlet berita San Francisco SFGate yang dinukil Russia Today, Jumat (21/5/2021).

Beberapa hari kemudian, dia diberi tahu tentang penghentian kontraknya, tetapi mengatakan AP gagal menunjukkan pesan spesifik yang diposting selama masa jabatannya yang melanggar kebijakan media sosialnya. Salah satu tweet terbarunya menyesalkan penggunaan bahasa media dalam melaporkan konflik Israel-Palestina yang dia yakini menunjukkan biasnya dalam mendukung Israel.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More