Waswas Invasi China, Taiwan Akan Beli 300 Rudal Patriot AS

Rabu, 09 Desember 2020 - 05:39 WIB
Sistem rudal Patriot adalah sistem rudal surface-to-air, yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan AS; Raytheon. Senjata pertahanan ini dapat mencegat sebagian besar ancaman udara termasuk jet tempur, pembom jarak jauh, drone, dan bahkan rudal balistik. Sistem rudal Patriot juga menjadi sistem pertahanan rudal balistik utama militer AS.

Senjata pertahanan itu telah diekspor ke beberapa negara sekutu AS seperti Belanda, Polandia, Jerman, Jepang, Israel, Arab Saudi, Kuwait, Republik China (Taiwan), Yunani, Spanyol, Uni Emirat Arab, Qatar, Rumania, dan Korea Selatan.

Sistem ini berhasil digunakan melawan rudal Irak dalam Perang Irak 2003, dan juga digunakan oleh pasukan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dalam konflik Yaman melawan serangan rudal pemberontak Houthi.

Sistem Patriot MIM-104D berhasil melakukan tembakan pertama terhadap pesawat musuh di bawah Komando Pertahanan Udara Israel. Baterai MIM-104D Israel menembak jatuh dua UAV Hamas selama Operation Protective Edge pada 31 Agustus 2014, dan kemudian, pada 23 September 2014, baterai sistem serupa Israel menembak jatuh jet tempur Sukhoi Su-24 Angkatan Udara Suriah yang telah memasuki wilayah udara oleh Israel, serangan pertama terhadap pesawat musuh berawak dalam sejarah misil.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More