Korsel Yakin Jong-un Tak Jalani Operasi

Senin, 04 Mei 2020 - 05:52 WIB
Pemimpin Korut Kim Jong-un saat mengunjungi pabrik pupuk awal Mei 2020. FOTO/Reuters
SEOUL - Seorang pejabat Korea Selatan (Korsel) menyatakan, meski tiga pekan tak muncul ke hadapan public, namun Korsel meyakini kalau pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tidak menjalani operasi. Pernyataan ini dilontarkan pejabat tersebut pasca baku tembak di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara, Minggu (3/5).

"Penilaian kami adalah bahwa (Kim) tidak menjalani operasi," kata pejabat yang tak ingin identitasnya diungkap, seperti dikutip dari Reuters. Saat ditanya apakah tidak benar, laporan media mengenai Jong-un yang baru saja menjalani perawatan medis ringan, pejabat itu hanya mengatakan: "Ya."

Pejabat pemerintah Korsel menolak memberikan alasan. Tetapi, ia mengatakan bahwa munculnya laporan Jong-un telah menjalani operasi yang didasarkan pada beberapa perbedaan dalam gerakan kakinya, adalah tidak benar. Satu laporan menyebut bahwa ia telah menjalani operasi kardiovaskular.

Setelah berminggu-minggu beredar spekulasi kuat tentang kesehatan dan keberadaan Jong-un, media resmi Korut menerbitkan foto-foto dan laporan pada akhir pekan lalu tentang kehadiran diktator muda itu di peresmian sebuah pabrik pupuk.

Dalam foto-foto itu, Jong-un terlihat tersenyum dan berbicara dengan para pembantunya di upacara pemotongan pita dan berkeliling pabrik. Rekaman TV pemerintah menunjukkan gerakan kaki Kim tampak kaku dan tersentak-sentak. Meski demikian, keaslian foto, yang diterbitkan di situs surat kabar resmi Rodong Sinmun, tidak dapat diverifikasi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More