Adu Pengaruh Benjamin Netanyahu vs Ali Khamenei, Siapa Lebih Unggul?

Senin, 28 Oktober 2024 - 13:16 WIB
PM Israel Benjamin Netanyahu dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, dua pemimpin yang sama-sama memiliki pengaruh kuat di Timur Tengah. Foto/Business Today
JAKARTA - Perbandingan pengaruh Benjamin Netanyahu dengan Ayatollah Ali Khamenei menarik diketahui. Kedua nama pemimpin di Timur Tengah tersebut sama-sama berstatus penting di negaranya, yakni Israel dan Iran.

Belakangan, ketegangan di Timur Tengah semakin memanas buntut perseteruan Iran dan Israel. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa momen ini bisa menjadi pemicu perang besar-besaran.

Dalam konflik yang terjadi antara Iran dan Israel, ada dua nama pemimpin yang disorot, yakni Netanyahu di sisi Israel serta Ali Khamenei di pihak Iran. Keduanya sama-sama punya pengaruh besar sebagai pemimpin negaranya.





Perbandingan Pengaruh Benjamin Netanyahu vs Ali Khamenei

1. Pengaruh di Internal Negara



Benjamin Netanyahu adalah Perdana Menteri (PM) Israel, sementara Ali Khamenei merupakan Pemimpin Tertinggi Iran. Berkaca pada statusnya, kedua sosok ini sama-sama menjadi orang nomor satu di negaranya masing-masing.

Sejalan dengan hal tersebut, pengaruh Netanyahu maupun Khamenei di negaranya bersifat mutlak. Namun, tetap ada perbedaan di antara keduanya soal pengaruh dalam negeri.

Pada sisi Khamenei, dia sangat dihormati mengingat statusnya yang juga imam Syiah di Iran. Jadi, selain menjadi pemimpin politik, Khamenei dianggap pula sebagai pemimpin agama di sana.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More