Takut Iran Akan Balas Dendam, AS Klaim Tak Terlibat dalam Serangan Israel

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:03 WIB
AS klaim tak terlibat dalam serangan Israel ke Iran. Foto/X/@DeepakRai98836
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengklaim tidak terlibat langsung dalam serangan ke Iran . Klaim tersebut bertujuan agar Iran tidak membalas serangan ke pangkalan AS di Timur Tengah.

"Serangan Israel terhadap lokasi militer di Iran tampaknya merupakan respons yang terarah dan proporsional terhadap serangan Teheran sebelumnya, dengan risiko rendah terhadap warga sipil," kata seorang pejabat senior pemerintahan AS.

Ini seharusnya menjadi akhir dari baku tembak langsung antara kedua negara, kata pejabat tersebut, seraya menambahkan bahwa AS memiliki banyak saluran komunikasi langsung dan tidak langsung dengan Iran, tempat AS telah menjelaskan posisinya dengan jelas.



Pejabat tersebut menambahkan bahwa jika Iran memilih untuk menanggapi, AS sepenuhnya siap untuk sekali lagi mempertahankan diri dari serangan apa pun.

Sementara itu, AS diberi tahu oleh Israel sebelum serangannya terhadap target di Iran tetapi tidak terlibat dalam operasi tersebut.

"Amerika Serikat diberi tahu sebelum operasi tersebut, tetapi kami tidak berpartisipasi dalam operasi militer Israel ini," kata seorang pejabat senior Pemerintah AS.

"Kami memahami bahwa Israel tengah melancarkan serangan terarah terhadap target militer di Iran sebagai latihan membela diri dan sebagai respons atas serangan rudal balistik Iran terhadap Israel pada 1 Oktober," kata Sean Savett, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, dalam sebuah pernyataan. "Kami akan merujuk Anda ke pemerintah Israel untuk informasi lebih lanjut tentang operasi mereka."



Presiden Joe Biden diberi pengarahan tentang serangan tersebut saat ia berada di Delaware, kata seorang pejabat Gedung Putih. Para penasihatnya tidak berencana untuk bertemu saat ini.

Reuters selanjutnya melaporkan bahwa Wakil Presiden Kamala Harris diberi pengarahan tentang serangan terhadap Iran saat ia berkampanye di Houston. Gedung Putih mengatakan bahwa ia "Mengikuti perkembangan dengan saksama dan akan terus diperbarui."

Radio Angkatan Darat melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Gallant dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara melalui telepon, dan bahwa Gallant memberi tahu Austin tentang kemajuan serangan di Iran.

CNN melaporkan bahwa sumber Israel mengonfirmasi bahwa serangan hari Sabtu itu 100% dilakukan oleh Israel dan tidak menargetkan infrastruktur energi tetapi bahwa masih ada "kerja sama yang mendalam" dengan Amerika Serikat mengenai bidang-bidang seperti pertahanan udara.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More