4 Alasan Israel Fokus ke Perang Lebanon Versi Pejabat Militer Zionis

Rabu, 09 Oktober 2024 - 18:50 WIB
Pejabat militer Zionis ungkap alasan Israel fokur ke perang Lebanon. Foto/IDF
GAZA - Rezim Israel mengalihkan fokusnya ke garis depan utara dengan melancarkan invasi darat ke Lebanon. Itu terjadi setelah entitas pendudukan itu gagal mencapai satu pun dari tujuan yang dinyatakannya dalam perang genosida selama setahun di Jalur Gaza yang terkepung.

Pejuang Hizbullah keluar untuk membela warga Palestina setelah Tel Aviv melancarkan perang genosida brutal terhadap warga Palestina di Jalur Gaza pada Oktober 2023, yang sejauh ini telah menewaskan hampir 42.000 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak.

Lebih dari 2.000 orang telah tewas dalam serangan Israel di Lebanon yang dimulai pada Oktober tahun lalu, menurut Kementerian Kesehatan negara itu. .



Perlawanan Lebanon telah membalas dengan menargetkan wilayah utara di Israel hampir setiap hari, dan mengindikasikan bahwa penembakan roketnya ke target Israel akan berhenti hanya ketika rezim tersebut sepenuhnya mengakhiri invasinya ke Gaza dan Lebanon selatan.

4 Alasan Israel Fokus ke Perang Lebanon Versi Pejabat Militer Zionis

1. Memulangkan Pengungsi Israel yang Mengungsi karena Perang

Menurut seorang sumber keamanan senior Israel kepada harian berbahasa Ibrani Yedioth Ahronoth mengutip sumber Israel yang mengatakan bahwa agresi Tel Aviv di Lebanon selatan ditujukan untuk memulangkan para pemukim Israel yang telah melarikan diri karena serangan balasan yang intens oleh gerakan perlawanan Lebanon Hizbullah di wilayah utara yang diduduki.

2. Gagal Mengalahkan Hamas dan Memulangkan Sandera

Invasi darat ke Lebanon selatan terjadi hampir setahun setelah Israel melancarkan perang yang menghancurkan di Gaza menyusul operasi bersejarah oleh gerakan perlawanan Palestina Hamas dalam beberapa dekade.

"Israel berperang di Jalur Gaza setahun yang lalu dengan dua tujuan utama: mengamankan pembebasan tahanan dan melumpuhkan kemampuan Hamas," kata sumber keamanan tersebut.

"Setelah gagal mencapai salah satu dari tujuan ini, Israel mengalihkan fokusnya ke garis depan utara, dengan menambahkan tujuan ketiga: kembalinya para pemukim utara. Namun, tidak jelas bagaimana cara mencapai tujuan ini."



3. Membuka Lebih Banyak Front

Sumber keamanan senior Israel mengatakan kepada Yedioth Ahronoth bahwa rezim tersebut bermaksud untuk membuka "lebih banyak front" dengan menyeret Iran ke dalam konflik setelah mengalihkan fokusnya dari Gaza dan Lebanon.

"Israel kemungkinan akan menarik diri lagi dari Gaza dan Lebanon, kali ini mengalihkan fokusnya ke Iran, dengan maksud untuk menyerang dan menambah sasaran baru dalam perang yang belum mencapai satu pun tujuannya," katanya.

"Ada yang percaya bahwa kemenangan di front utara dapat mengakhiri front selatan, dan sekarang mereka berpikir bahwa memberikan pukulan ke Iran dapat mengakhiri front utara, yang pada gilirannya akan mengakhiri front selatan. Namun, ini hanya berarti membuka lebih banyak front."

4. Tidak Ada Strategi dalam Pembatasan Perang

Sumber tersebut juga menunjukkan kurangnya strategi rezim dalam agresinya di Gaza dan serangan militernya di wilayah lain di seluruh wilayah.

“Kurangnya strategi yang jelas di Gaza telah berubah menjadi strategi itu sendiri; ada kesenjangan yang signifikan antara kemampuan militer dan intelijen yang besar untuk menemukan target dan ketidakmampuan untuk menerjemahkannya menjadi kebijakan, perjanjian, dan resolusi,” katanya.

“Tidak adanya strategi telah bergeser dari masalah taktis menjadi masalah strategis; perang tidak lagi memiliki batas yang jelas, juga tidak jelas ke mana arahnya.”
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More