5 Alasan Perang 7 Front Justru Menyebabkan Kekalahan bagi Israel

Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:14 WIB
Perang tujuh front yang dilakukan Israel justru akan menyebabkan negara itu mengalami kekalahan. Foto/IDF
TEHERAN - Selama tiga minggu terakhir, Israel telah melakukan operasi intelijen dan perang di tujuh front. Tapi, itu justru akan menyebabkan kekakalah bagi Zionis.

Melalui penggunaan pager dan radio peledak, serangan udara yang tepat, dan pengeboman khusus terhadap bunker bertingkat Hassan Nasrallah, semuanya dilakukan dengan sempurna, Israel memenggal hampir seluruh struktur komando Hizbullah – organisasi teroris terbesar dan terkuat di kawasan itu.

Keberhasilan dalam skala ini, yang merenggut begitu banyak target tingkat atas – termasuk Nasrallah sendiri, pemimpin teroris monster – dalam waktu yang sangat singkat, benar-benar mencengangkan dan belum pernah terjadi sebelumnya.



Ini mengikuti kampanye Gaza – yang dilancarkan sebagai tanggapan atas serangan teroris biadab Hamas pada 7 Oktober – yang operasi utamanya sebagian besar telah berakhir. Ini juga merupakan keberhasilan militer dalam arti Israel mencapai tujuan langsungnya untuk melumpuhkan Hamas, menghancurkan terowongannya, dan merebut kembali kendali efektif atas Gaza.

Yang lebih penting, dan serupa dengan prestasi senjata baru-baru ini di utara, operasi ini – dengan nama sandi Pedang Besi – memberikan bukti yang mengesankan tentang pelatihan luar biasa dan efektivitas militer IDF dalam situasi yang paling menantang. Kampanye perang kota yang sebelum dimulainya pada 27 Oktober 2023 diharapkan akan berubah menjadi neraka gerilya yang melelahkan, berlarut-larut, dan berdarah bagi IDF, sejauh ini hanya merenggut nyawa 346 tentara Israel yang pemberani – masing-masing merupakan tragedi, tetapi, masih jauh lebih sedikit dari beberapa perkiraan awal hingga 5.000 potensi kematian IDF.

Selain semua ini, Israel, dengan bantuan sekutu, juga telah melaksanakan hampir dengan sempurna bukan hanya satu tetapi dua operasi pertahanan udara dan rudal skala besar terhadap serangan rudal massal yang diluncurkan oleh Iran, pada bulan April dan Selasa malam ini. Serangan pada bulan April melibatkan paket serangan yang lebih besar dan lebih kompleks yang terdiri dari pesawat nirawak, rudal jelajah, dan rudal balistik, tetapi serangan itu sudah diramalkan jauh sebelumnya dan dilaksanakan oleh Iran hampir dengan cara yang performatif.

Sebaliknya, serangan minggu ini, dengan sekitar 180 rudal balistik, terjadi dalam waktu singkat dan tampak jauh lebih buruk. Banyak target dicegat – termasuk, tampaknya, di luar atmosfer – oleh sistem pertahanan rudal balistik Arrow Israel, tetapi beberapa hulu ledak berhasil mencapai area target yang dituju, meskipun hanya menyebabkan kerusakan minimal. Hulu ledak tersebut kemungkinan diizinkan oleh IDF untuk melewatinya justru karena tidak menimbulkan ancaman besar.

Jika dipertimbangkan secara menyeluruh, dari operasi Gaza hingga operasi khusus melawan Hizbullah dan pertahanan yang hampir sempurna – pada dua kesempatan – terhadap serangan rudal berteknologi tinggi dan berskala besar milik Iran.

Kinerja IDF menunjukkan bahwa Israel telah membalikkan keadaan setelah dikejutkan pada tanggal 7 Oktober dan sekarang memiliki keunggulan militer dalam perang yang rumit ini untuk bertahan hidup melawan Teheran dan proksinya. Kini muncul kesan bahwa Israel telah menunjukkan, sekali lagi, bahwa mereka tidak dapat dikalahkan, bahwa segala upaya untuk menghancurkannya tidak akan membuahkan hasil – dan bahwa mereka yang mencoba pada akhirnya akan binasa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More