Perang Memanas, Lebih dari 400.000 Warga Lebanon Mengungsi ke Suriah

Rabu, 09 Oktober 2024 - 08:30 WIB
Warga Suriah dan Lebanon yang tinggal di Lebanon menyeberang ke wilayah Suriah dengan membawa barang-barang mereka yang dapat mereka bawa di Perlintasan Perbatasan Masnaa setelah serangan Israel di Massna, Lebanon pada 4 Oktober 2024. Foto/Murat Sengul/An
BEIRUT - Lebanon melaporkan lebih dari 400.000 orang telah meninggalkan negara itu ke Suriah dalam dua pekan terakhir.

Pengungsian besar-besaran terjadi saat negara itu bergulat dengan meningkatnya kekerasan dan memburuknya kondisi kehidupan.

Eksodus massal yang belum pernah terjadi sebelumnya ini menandai salah satu pergerakan populasi paling besar di wilayah tersebut sejak Perang Saudara Suriah.



Para pejabat mengaitkan lonjakan emigrasi dengan ketidakstabilan politik yang sedang berlangsung, krisis ekonomi yang parah, dan memburuknya layanan publik, yang telah mendorong banyak pengungsi Lebanon dan Suriah yang tinggal di Lebanon untuk mencari keselamatan di seberang perbatasan.

Situasi tersebut telah diperparah oleh meningkatnya ketegangan antara berbagai faksi bersenjata, yang menyebabkan meningkatnya ketidakamanan di beberapa wilayah, termasuk Beirut, Tripoli, dan wilayah perbatasan selatan.

Pemerintah Lebanon berjuang mengelola kekacauan internal, karena protes dan bentrokan menjadi lebih sering terjadi di tengah ketidakpuasan publik terhadap ketidakmampuan pemerintah mengatasi situasi ekonomi dan kemanusiaan yang memburuk di negara itu.

Pemadaman listrik, kekurangan bahan bakar, dan inflasi yang meroket telah memperburuk kondisi yang sudah buruk, sehingga banyak keluarga terpaksa mengungsi untuk mencari lingkungan yang lebih stabil.

Badan-badan kemanusiaan telah menyatakan kekhawatiran yang semakin besar atas situasi ini, dengan Badan Pengungsi PBB (UNHCR) memperingatkan tentang bencana kemanusiaan yang mengancam di kedua sisi perbatasan.

"Kami menyaksikan perpindahan besar-besaran orang, dan situasinya menjadi semakin buruk," ujar juru bicara UNHCR di Beirut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More