4 Penyebab Israel Tidak Layak Disebut sebagai Negara

Senin, 07 Oktober 2024 - 19:45 WIB
Israel sangat tidak layak disebut sebagai negara karena selalu menyebabkan kekacauan. Foto/The Jerusalem Post
TEL AVIV - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pernah menyebut Israel "bukan negara, tetapi basis teroris" dalam pidatonya pada Hari Al-Quds pada 2021. Label tersebut masih melekat pada Israel hingga kini karena disebut sebagia entitas yang selalu membuat onar dan konflik di dunia.

Republik Islam itu tidak mengakui negara Yahudi, dan mendukung perjuangan Palestina, serta kelompok-kelompok bersenjata seperti Hamas dan Hizbullah Lebanon, telah menjadi pilar kebijakan luar negeri Iran sejak revolusi tahun 1979.

Dikarenakan sebagai sebuah negara, Khamenei juga mengecam normalisasi hubungan Israel dengan "beberapa pemerintah Arab yang lemah" selama tahun lalu sebagai upaya untuk melemahkan "mimpi buruk persatuan Muslim" Israel. Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Sudan semuanya telah menormalisasi hubungan dengan Israel dalam beberapa bulan terakhir berdasarkan kesepakatan yang ditengahi AS.



4 Penyebab Israel Tidak Layak Disebut sebagai Negara

1. Israel Tidak Memiliki Fondasi yang Jelas

Memberi label sesuatu sebagai "unik" tidak akan membuat kita lebih memahaminya. Memang benar bahwa beberapa orang Israel menekankan bahwa tantangan yang dihadapi negara mereka bersifat unik dan tidak dapat dibandingkan dengan apa pun di zaman modern atau masa lalu. Agama, sejarah, moralitas, hukum internasional, keamanan—di setiap bidang tersebut, Israel tampaknya melampaui kategori dan klasifikasi standar.

"Para pendukung keunikannya menekankan hal ini dan mencoba menjual gagasan bahwa Israel tidak dapat dibandingkan dengan negara lain mana pun," pakar Israel, Wojciech Harpula, dilansir Holistic News.

Bagi mereka, ini menyiratkan perlunya memperlakukan Israel secara terpisah di arena internasional, ditambah dengan berbagai pertimbangan khusus. Hal ini terbukti dalam interaksi Israel dengan dunia Barat. Di satu sisi, pemerintah menyoroti nilai-nilai bersama dan menunjukkan bahwa Israel adalah satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah. Di sisi lain, karena politik regional dan identitas Yahudi, Israel tidak bisa hanya menjadi negara demokrasi "standar" seperti di Eropa atau Amerika Utara.

Israel tidak diragukan lagi adalah negara dengan sejarah yang sangat kaya, dengan satu kaki tertanam kuat di masa lalunya yang berdasarkan Alkitab, dan kaki lainnya tertanam dalam politik modern, tanpa kompromi, dan sekuler. Kelangsungan hidup Diaspora selama berabad-abad dimungkinkan oleh agama yang asal-usulnya berasal dari milenium kedua sebelum Masehi.

2. Tidak Memiliki Konstitusi yang Jelas

Sebaliknya, pendirian negara Yahudi dapat dicapai berkat gerakan Zionis yang sepenuhnya modern pada abad ke-19. Orang-orang Yahudi mendirikan sebuah negara di tanah yang dihuni oleh orang Arab, yang bertujuan untuk menyambut orang-orang Yahudi dari seluruh dunia, yang telah menghasilkan keberagaman masyarakat yang luar biasa di Israel saat ini. Faktor-faktor ini, di antara banyak faktor lainnya, bertanggung jawab atas banyaknya sifat unik yang tak terbantahkan dari tempat ini.

"Di dalam perbatasannya, hukum domestik yang ditetapkan diikuti, sama seperti negara lain mana pun. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, Anda akan menemukan bahwa masih belum ada konsensus mengenai banyak isu mendasar. Israel tidak yakin apakah negara itu memiliki konstitusi," ungkap Harpula.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More