Apakah Indonesia Dapat Terseret Perang Dunia III? Ini Penjelasannya

Senin, 07 Oktober 2024 - 14:03 WIB
Indonesia sangat kecil atau bahkan mustahil terseret ke dalam Perang Dunia III. Namun potensi itu tetap ada, terlebih jika krisis Laut China Selatan mengusik Natuna Utara milik Indonesia. Foto/China-US Focus
JAKARTA - Apakah Indonesia dapat terseret ke dalam Perang Dunia III? Jawabannya bisa iya meski potensinya sangat kecil, bisa juga tidak atau bahkan mustahil.

Saat ini, ada lima krisis internasional yang dapat memicu Perang Dunia III.

Lima krisis itu adalah krisis Timur Tengah (melibatkan Israel dan Iran), krisis Ukraina (melibatkan Rusia-Ukraina), krisis Laut China Selatan (melibatkan China dan Filipina), krisis Selat Taiwan (melibatkan China-Taiwan), dan krisis Semenanjung Korea (melibatkan Korea Selatan dan Korea Utara).



Dari kelima krisis tersebut, potensi Indonesia sangat kecil terseret dalam konflik global atau bahkan tidak mungkin.



Apa Itu Perang Dunia III?



Perang Dunia III merujuk pada kemungkinan konflik berskala besar yang melibatkan banyak negara di seluruh dunia, mirip dengan Perang Dunia I dan II.

Meskipun hingga saat ini perang besar semacam itu belum terjadi, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kekhawatiran akan konflik global yang bisa melibatkan aliansi militer dan berdampak luas pada stabilitas politik, ekonomi, dan sosial.

Ciri-ciri Perang Dunia III antara lain konflik yang pecah tidak akan terbatas pada satu kawasan, melainkan melibatkan berbagai negara dari berbagai belahan dunia. Kemudian, peralatan tempur yang digunakan akan melibatkan teknologi militer canggih, termasuk senjata nuklir, siber, dan drone.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More