Jalan Perbatasan Masnaa Dibom Zionis, Apakah Israel Blokade Lebanon?

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 10:01 WIB
Dia menjelaskan, "Dengan memutus rute pasokan ini, Israel bertujuan melemahkan kemampuan Hizbullah untuk mengisi kembali persenjataannya dan memastikan tidak ada pengiriman senjata baru yang sampai ke kelompok itu."

Namun, serangan Israel terhadap satu-satunya perlintasan resmi ke Suriah juga sangat menghambat transit sipil dan komersial.

"Israel tidak hanya mengendalikan aktivitas militer tetapi juga memberikan pengaruh atas transportasi sipil dan komersial, menentukan barang dan personel apa yang dapat masuk atau meninggalkan negara itu," ungkap Salamey.

Dia menekankan, "Situasi ini telah menyerahkan nasib Lebanon sebagian besar ke tangan Israel, karena sekarang mengendalikan sebagian besar akses negara itu ke dunia luar."

Lebih dari 160.000 orang telah meninggalkan Lebanon menuju Suriah sejak Israel pekan lalu meningkatkan kampanye pengebomannya dan memulai invasi darat.

Masnaa adalah satu-satunya pintu keluar perbatasan darat Lebanon yang berfungsi penuh dan ada kebutuhan yang sangat mendesak bagi Lebanon untuk mendapatkan akses darat ke barang-barang komersial dan bantuan.

Wadih al-Asmar, presiden Pusat Hak Asasi Manusia Lebanon mengatakan, “Serangan terhadap perbatasan tersebut merupakan pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional."

"Israel menciptakan narasinya sendiri untuk melakukan kejahatan mereka," ungkap dia.

Apakah Lebanon Benar-benar Diblokade?



Johnny Khalaf, pensiunan jenderal angkatan darat Lebanon, mengatakan kepada MEE bahwa apa yang dialami Lebanon sekarang adalah "bukan blokade literal".
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More