Siapa yang Akan Menggantikan Hassan Nasrallah? Ada 2 Kandidat Utamanya

Minggu, 29 September 2024 - 14:23 WIB
Hashem Safieddine menjadi kandidat kuat yang akan menggantikan Hassan Nasrallah. Foto/Al Manar
BEIRUT - Pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah meninggalkan kekosongan dalam gerakan yang telah kehilangan banyak pemimpinnya akibat pembunuhan Israel selama berbulan-bulan.

Namun, kematian Nasrallah pada Jumat malam, selama serangan besar-besaran Israel di Beirut selatan, menandai meninggalnya bukan hanya seorang tokoh penting, tetapi juga orang yang mewujudkan gerakan Syiah Lebanon di mata para pendukungnya dan wilayah yang lebih luas.

Nasrallah menjadi sekretaris jenderal Hizbullah pada tahun 1992 saat ia berusia 30-an, dan ia memimpin gerakan tersebut selama sebagian besar keberadaannya. Menemukan pengganti dengan kedudukan yang sama akan sulit bagi Hizbullah, karena mereka melihat ke depan untuk serangan Israel yang berkelanjutan dan bahkan kemungkinan invasi darat ke Lebanon selatan.



Siapa yang Akan Menggantikan Hassan Nasrallah? Ada 2 Kandidat Utamanya

1. Hashem Safieddine



Foto/Al Manar

Melansir Al Jazeera, kepala dewan eksekutif Hizbullah dan sepupu Nasrallah, Safieddine secara luas dianggap berada di posisi terdepan untuk menjadi sekretaris jenderal gerakan berikutnya.

Lahir pada tahun 1964 di desa selatan Deir Qanoun en-Nahr, dekat Tyre, Safieddine belajar teologi bersama dengan Nasrallah di dua pusat utama pembelajaran agama Syiah, kota Najaf di Irak dan Qom, di Iran. Keduanya bergabung dengan Hizbullah pada masa-masa awal organisasi tersebut.

Safieddine berasal dari keluarga Syiah yang disegani yang telah menghasilkan ulama dan anggota parlemen Lebanon, sementara saudaranya Abdullah menjabat sebagai perwakilan Hizbullah untuk Iran. Safieddine memiliki hubungan dekatnya sendiri dengan Iran; putranya, Redha, menikah dengan putri Qassem Soleimani, jenderal tertinggi Iran yang tewas dalam serangan AS pada tahun 2020.

Selain perannya dalam memimpin dewan eksekutif, Safieddine juga merupakan anggota penting Dewan Syura kelompok tersebut, dan kepala Dewan Jihadinya. Kepentingannya itu telah membuatnya menjadi musuh bagi musuh-musuh asing Hizbullah. Amerika Serikat dan Arab Saudi telah menetapkan Safieddine sebagai teroris dan membekukan asetnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More