Apa Isi Gudang Senjata Rusia di Toropets yang Dihancurkan Drone Ukraina?

Minggu, 22 September 2024 - 21:48 WIB
Ukraina menghancurkan gudang senjata Rusia di Toropets. Foto/AP
MOSKOW - Diperbarui pada tahun 2018, fasilitas di Toropets, Rusia , diperkirakan telah menyimpan berton-ton barang militer, termasuk bahan peledak, peluru artileri, dan rudal balistik.

Serangan pesawat nirawak Ukraina terhadap gudang senjata Rusia yang signifikan di wilayah Tver pada dini hari Rabu mungkin merupakan serangan terbesar tentara Ukraina terhadap gudang senjata Moskow sejak awal 2022.

Ledakan dari serangan itu begitu kuat sehingga stasiun pemantau gempa bumi mendeteksinya seolah-olah itu adalah gempa bumi kecil, sementara NASA melaporkan serangkaian sumber panas yang terdeteksi oleh peralatannya dari luar angkasa.



Fasilitas di Toropets diperkirakan menyimpan sekitar 30.000 ton amunisi militer. Penghancuran amunisi yang disimpan di sana kemungkinan besar akan berdampak negatif pada kelompok operasional utara tentara Rusia.

Apa Isi Gudang Senjata Rusia di Toropets yang Dihancurkan Drone Ukraina?

1. Menyimpan Bahan Peledak dan Rudal Balistik

Dilansir EuroNews, Diperbarui pada tahun 2018, fasilitas di Toropets diperkirakan menyimpan berton-ton barang militer, termasuk bahan peledak, peluru artileri, dan rudal balistik.

Mantan wakil menteri pertahanan Rusia Dmitry Bulgakov — yang ditangkap awal tahun ini atas tuduhan korupsi — mengatakan setelah renovasi bahwa lokasi tersebut memenuhi "standar internasional tertinggi" dan dapat mempertahankan senjata dari rudal dan "bahkan serangan nuklir kecil".

Lokasi penyimpanan tersebut mencakup area seluas lebih dari 5 kilometer persegi dan perimeter sepanjang lebih dari 12 kilometer.

Rudal apa saja yang disimpan di fasilitas tersebut? Kota Toropets terletak sekitar 470 kilometer di utara perbatasan Ukraina dan penghancuran amunisi yang disimpan di sana kemungkinan besar akan berdampak negatif pada kelompok operasional utara tentara Rusia, termasuk pasokan pasukan di Kursk, Belgorod, dan Bryansk.

2. Rudal Bom Udara Berpemandu Juga Disimpan di Gudang

Menurut sumber Ukraina, lokasi militer di Toropets dilaporkan menampung tangki bahan bakar, serta rudal yang ditujukan untuk sistem rudal Iskander, sistem rudal Tochka-U, bom udara berpemandu, dan berbagai amunisi artileri.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More