Rusia Tolak Berdamai dengan Ukraina, Berikut 3 Alasannya

Minggu, 22 September 2024 - 23:55 WIB
Rusia menolak berdamai dengan Ukraina. Foto/AP
MOSKOW - Rusia tidak berencana untuk menghadiri “pertemuan puncak perdamaian” kedua yang dipromosikan Ukraina akhir tahun ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova mengatakan bahwa acara tersebut akan didasarkan pada “formula perdamaian” Vladimir Zelensky dan berusaha untuk memberikan ultimatum kepada Moskow.

Pada hari Jumat, Zelensky mendesak Barat untuk mendukung Ukraina sebanyak mungkin dalam menyelenggarakan pertemuan tersebut, untuk mengakhiri konflik secara definitif pada tahun 2024. Pemimpin Ukraina sebelumnya mengatakan bahwa ia ingin Rusia berada “di meja perundingan,” mengingat sebagian besar masyarakat internasional mendukung gagasan ini. Pada akhir Agustus, ia juga menyarankan agar India, yang telah memposisikan dirinya sebagai negara netral, dapat menjadi tuan rumah pertemuan puncak tersebut.



Rusia Tolak Berdamai dengan Ukraina, Berikut 3 Alasannya

1. Ukraina Adalah Boneka Barat

Namun, Zakharova menolak gagasan acara tersebut. "Proses ini sendiri tidak ada hubungannya dengan penyelesaian [konflik]," katanya, menyebutnya sebagai "penipuan oleh Anglo-Saxon dan boneka Ukraina mereka," katanya kepada wartawan pada hari Sabtu.

"Apa yang disebut pertemuan puncak kedua memiliki tujuan yang sama - untuk mendorong 'formula Zelensky' yang sama sekali tidak dapat dilaksanakan sebagai dasar yang tidak kenal kompromi untuk penyelesaian konflik, untuk mendapatkan dukungan mayoritas global, dan atas namanya untuk memberi Rusia ultimatum untuk menyerah. Kami tidak akan berpartisipasi dalam 'pertemuan puncak' seperti itu."

2. Ukraina Harus Menarik Pasukannya dari Donbass

Juru bicara itu menekankan bahwa Rusia tidak menolak gagasan solusi diplomatik dan siap untuk membahas "proposal yang benar-benar serius yang mempertimbangkan situasi di lapangan" dan persyaratan untuk pembicaraan yang diajukan oleh Presiden Vladimir Putin pada bulan Juni.

Pemimpin Rusia itu mengatakan bahwa Moskow akan segera memulai negosiasi begitu Kiev mulai menarik pasukan dari Donbass Rusia, serta Wilayah Kherson dan Zaporozhye dan berkomitmen pada netralitas, demiliterisasi, dan denazifikasi.



3. Ukraina Harus Keluar dari Kursk

Moskow juga mengatakan tidak akan berunding dengan Kiev selama negara itu terus menduduki sebagian Wilayah Kursk dan menargetkan warga sipil di sana.

Namun, Zakharova mengatakan bahwa Kiev dan Barat “tidak memikirkan perdamaian… Mereka membutuhkan perang. Hal ini dikonfirmasi oleh invasi bandit tentara Ukraina ke Wilayah Kursk dan permintaan Zelensky agar diizinkan menyerang jauh ke Rusia dengan senjata jarak jauh NATO. Ini adalah kelanjutan dari teror terhadap penduduk negara kita. Kami tidak akan berunding dengan teroris.”

“KTT perdamaian” pertama diadakan di Swiss pada bulan Juni, di mana Rusia tidak diundang. Acara tersebut berkisar pada beberapa poin dari rumusan perdamaian Zelensky, tetapi tidak menyentuh beberapa tuntutan utama Kiev kepada Rusia, termasuk penarikan pasukan Rusia dari wilayah yang diklaim Ukraina sebagai miliknya. Putin menyebut acara tersebut sebagai taktik Barat untuk menciptakan ilusi koalisi anti-Rusia global dan mengalihkan perhatian dari akar konflik.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More