3 Sumber Dana Taliban untuk Perkuat Kekuasaan di Afghanistan, Salah Satunya Sumbangan

Selasa, 17 September 2024 - 15:20 WIB
Taliban memperoleh beberapa sumber dana untuk memperkuat kekuasaan di Afghanistan. Foto/mfa.uz
JAKARTA - Ada sejumlah sumber dana yang dipakai Taliban untuk memperkuat keberadaan dan kekuasaannya di Afghanistan. Salah satunya berasal dari sumbangan.

Taliban kembali menguasai Afghanistan sejak 2021 lalu. Kelompok tersebut mengeklaim kemenangan dan merebut kendali atas negara itu setelah tentara Amerika Serikat dan sekutunya hengkang.

Satu hal menarik dari Taliban, mereka dianggap sebagai salah satu kelompok militan terkaya di dunia. Bukti mudahnya, Taliban sanggup memerangi pasukan AS dan sekutu selama hampir dua dekade serta kembali merebut Afghanistan pada 2021 lalu.





Sumber Dana Taliban

1. Sumbangan Asing



Sebagian besar kelompok militan di dunia disinyalir mendapat bantuan dana dari pihak tertentu. Hal ini juga berlaku untuk Taliban.

Mengutip The Conversation, sejumlah pejabat lama Afghanistan dan AS menuduh Taliban mendapat bantuan dana dari pihak asing. Beberapa di antaranya yang dicurigai adalah Iran, Rusia hingga Pakistan.

Meski tidak bisa diukur secara pasti, sumber-sumber pendanaan ini diperkirakan memberikan sebagian besar dana Taliban. Menurut para ahli, jumlahnya bisa mencapai USD500 juta per tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More